Berita Kalteng

Penderita Asma Pilih Mengungsi ke Jawa, Pemkab Kotim Siapkan Ruang Oksigen Bagi Warga Terpapar Asap

Kabut asap dampak kebakaran lahan dan hutan di Kalteng sudah sangat parah, kondisi kabut asal terparah terutama di Sampit dan Kota Palangkaraya

Penderita Asma Pilih Mengungsi ke Jawa, Pemkab Kotim Siapkan Ruang Oksigen Bagi Warga Terpapar Asap
Banjarmasinpost.co.id/Faturahman
Kabut asap masih tebal menyelimuti Kota Palangkaraya dan Sampit, sehingga mengakibatkan penerbangan terganggu dan banyak warga yang terkena serangan ISPA. Kapal penumpang dan barang jenis roro saat tambat dipelabuhan Sampit. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Kabut asap dampak kebakaran lahan dan hutan di Kalteng sudah sangat parah, kondisi kabut asal terparah terutama di Sampit dan Kota Palangkaraya, karena jarak pandang pendek hanya sekitar 20 -50 meter.

Beberapa warga yang banyak menghirup asap dampak kebakaran lahan, mengeluhkan sesak nafas sehingga memilih mengungsi ke Jawa untuk sementara, karena tidak tahan dengan kondisi kabut asap yang parah terjadi di Sampit, Kalimantan Tengah.

"Sejak diumumkan libur oleh bupati anak saya langsung diungsikan ke jawa karena dia ada riwayat asma, sehingga ketika dalam keadaan kabut asap seperti sekarang sangat tersiksa, kami langsung ungsikan sementara ke Surabaya, asmanya bisa kambuh , apalagi saat pekatnya asap, seperti sekarang," ujar Lina warga Jalan Iskandar Sampit, Senin (16/9/2019).

Dia mengatakan, memanfaatkan waktu libur selama seminggu untuk mengungsikan anaknya ke jawa, agar bisa menghirup udara segar."Di Surabaya ada neneknya , paling tidak, ketika di Jawa dia tidak menghirup asap, sebagai orang tua saya khawatir," ujarnya.

Baca: BERLANGSUNG! Live Streaming Timnas U-16 Indonesia vs Filipina di RCTI & Mola.TV, Ini Susunan Pemain

Baca: Dandim 1010 Rantau dan Kalak BPBD Tapin Ikut Padamkan Karhutla, ini Tanggapan Warga dan Tim Satgas

Baca: Ramalan Zodiak Besok Selasa, 17 September 2019: Taurus Manjakan Diri, Scorpio Emosi Sejak Pagi

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, membuka ruang oksigen untuk layanan masyarakat terdampak kabut asap di Kabupaten Kotawaringin Timur, dibeberapa tempat."Pemkab membuka rumah oksigen untuk membantu warga yang sesak nafas," ujar Kadis Kominfo Kotim, Multazam.

Hal senada juga dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Suyuti Syamsul, yang mengatakan, pihaknya membuka pelayanan ruang oksigen untuk warga yang memerlukan terutama bagi penderita Asma dan lainnya yang rentan terdampak kabut asap."Silakan datang ke rumah oksigen yang kami sediakan, jika memang diperlukan, karena kondisi asap sudah parah,"ujarnya. banjarmasinpost.co.id / faturahman

Beberapa Rumah Oksigen di Kotawaringin Timur antara lain, Puskesmas Ujung Pandaran, Jalan Sampit – Ujung Pandaran Km. 89 Desa Ujung Pandaran.

Selain itu juga ada di, Puskemas Samuda, Jalan Partoe Muksin, Basirih Hilir, Samuda, Puskesmas Bapinang, Desa Bapinang Hulu, Puskesmas Bagendang, Jalan H. M. Arsyad km. 29 Bagendang Hulu, UPF. Jampersal Puskesmas Ketapang I, Jalan. IH. Juanda Kelurahan Mentawa Baru Hilir Sampit.

Puskesmas Ketapang II, Jalan. H. Imbran, Ketapang Sampit, Puskesmas Pasir Putih, Jalan Jenderal Sudirman Km. 6 Sampit,

Puskesmas Mentaya Seberang, Jalan Mufakat, Keluraham Mentaya Seberang, Puskemas Baamang I, Jalan Kapuas Baamang Hilir Sampit.

Puskesmas Baamang II, Jl. Cilik Riwut Km. 4,5 Baamang Hulu Sampit, Puskesmas Kota Besi, Jalan Tjilik Riwut Km. 16 Kota Besi Puskesmas Sebabi, Jalan Sudirman Km. 85 Sebabi, Puskesmas Cempaka Mulia, Jalan Tjilik Riwut km. 34 Desa Cempaka Mulia Barat, Puskesmas Pundu, Jalan Cilik Riwut Desa Pundu.

Puskesmas Parenggean I, Jalan Ramba – Parenggean, Puskesmas Parenggean II, Jalan Trans Sampit - Parenggean, Desa Karang Sari Puskesmas Tualan Hulu, Jalan Desa Mera, Puskesmas Kualan Kuayan, Jalan Tajahan Kel. Kuala Kuayan,Puskesmas Tumbang Sangai, Jalan Puskesmas Desa Tumbang Sangai.

Puskesmas Tumbang Penyahuan, Jalan Desa Tumbang Penyahuan, Puskesmas Tumbang Kalang, Jalan Puskesmas, RS Pratama Parenggean, Jalan Bajarau, RS Pratama Samuda, Jalan Bani Ibrahim (sumber Diskominfo Kotim)

(banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved