Berita Tanahlaut

Riam Adungan Masih Terisolir, Ternyata ini Penyebabnya

Terisolirnya Desa Riam Adungan Kecamatan Kintap Kabupaten Tanahlaut akibat akses jalan yang kecil, rusak tak beraspal, dan jaraknya yang sangat jauh

Riam Adungan Masih Terisolir, Ternyata ini Penyebabnya
Humas Tanahlaut
potensi wisata arung jeram riam adungan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Terisolirnya Desa Riam Adungan Kecamatan Kintap Kabupaten Tanahlaut akibat akses jalan yang kecil, rusak tak beraspal, dan jaraknya yang sangat jauh dari pusat Kota Pelaihari sudah lama terjadi.

Akses menuju Desa Riam Adungan masih sangat sulit karena masih berupa jalan setapak dan bebatuan.

Terlebih saat musim penghujan jalan pun menjadi becek dan sulit dilintasi.

"Ya untuk akses kita akui masih sulit karena kita dari Pemkab tidak bisa melakukan perbaikan dan pengaspalan karena jalannya masih termasuk kawasan milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)," terang Bupati Tanahlaut H Sukamta kepada Banjarmasinpost.co.id, Minggu (22/9/2019).

Baca: Surat Wasiat Wayan Sutarsa Ungkap Kubur Kekasih, Sebelum Bunuh Diri Habisi Dulu Suarningsih

Baca: Resah Revisi UU KPK, Sutradara Wira Sableng Sampaikan Pesan kepada Jokowi, Sebut Nama Jan Ethes

Baca: Rasakan Dampak Kabut Asap, Ustadz Abdul Somad Sebut Pembakar Lahan Harus Digantung di Monas Ditembak

Namun jelasnya pihaknya akan segera meminta ke KLHK memberikan lahan seluas 62,1 hektare kepada Pemkab Tanahlaut agar bisa dibangun infrastruktur yang layak.

Sehingga selain memudhakan akses masyarakat Desa Riam Adungan ke Kota Pelaihari juga bisa memudahkan wisatawan datang ke desa.

Selain itu terang Kamta pihaknya juga memikirkan untuk jalan alternatif yaitu melintasi kebun PT GMK di Desa Pemalongan.
Dengan itu jarak yang ditempuh warga Desa Riam Adungan ke Pelaihari lebih dekat yaitu sekitar 60 kilometer.

"Jalan yang sudah ada nantinya sebagian akan kita aspal lebih dulu dari yang lain dan selanjutnya akan kita usulkan untuk masuk dalam program Tanah Objek Reforma Agraria (Tora)," terangnya.

Ia juga mengatakan sudah meminta kepada PT GMK agar dilakukan pengerasan jalan yang bisa menjadi alternatif warga Desa Riam Adungan ke Pelaihari.

Dengan kondisi jalan yang parah dan sulit tersebut terangnya bukanlah penghalang dalam pemerataan pembangunan, justru desa ini turut menjadi perhatian khusus.

"Oleh karena itu saya imbau pihak-pihak terkait baik dari SKPD Maupun Perusahaan agar saling bersinergi demi pemerataan pembangunan dan kesejahteraan warga masyarakat Desa Riam Adungan," jelasnya.

Terlebih sebutnya ada banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan di Desa riam adungan misalnya wisata arung jeram, goa, dan banyak lagi.

Dengan adanya akses yang mudah diharapkan Desa Riam Adungan bisa menarik minta wisatawan dan membawa perkembangan desa.

Banjarmasinpost.co.id/Milna

Penulis: Milna Sari
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved