Berita Tanahlaut

Iuran Naik 100 Persen, Dirin Pedagang K5 di Pelaihari Terpaksa Turun Kelas BPJS

Meninggalkan warungnya Dirin datang ke kantor BPJS Kesehatan Pelaihari Tanahlaut cabang Banjarmasin untuk menunkan kelas.

Iuran Naik 100 Persen, Dirin Pedagang K5 di Pelaihari Terpaksa Turun Kelas BPJS
banjarmasinpost.co.id/milna sari
Antrean di BPJS Kesehatan Tanahlaut di Pelaihari. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Meninggalkan warungnya Dirin datang ke kantor BPJS Kesehatan Pelaihari Tanahlaut cabang Banjarmasin untuk menunkan kelas.

"Saya kelas dua kemarin sekarangau saya turunkan ke kelas tiga," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Senin (4/11/2019).

Ia mengaku sengaja menurunkan kelas lantaran adanya kenaikan tarif BPJS Kesehatan 100 persen.

"Saya kemarin sebulan bayarnya Rp 104 ribu berdua dengan anak saya, kalau naik jadi 100 persen nanti 208 ribu, bisa untuk dua bulan," sebutnya.

Terlebih sebut Dirin yanh merupakan warga Jalan Parit Pelaihari Kabupaten Tanahlaut Kalimantan Selatan BPJS Kesehatan miliknya merupakan BPJS mandiri.

Baca: Tak Laku Kulit Sapi Tertumpuk di RPH Pelaihari, Harga Rendah Peternak Bingung

Penghasilannya dari warung K5 sebutnya berat jika harus membayar BPJS kelas dua miliknya dan anaknya. Oleh karenanya dengan inisiatif sendiri, ia mengaku ingin menurunkan kelas.

Dirin mengaku tak mau berhenti pakai BPJS karena ia sendiri menggunakan layanan BPJS Kesehatan untuk berobat rutin karena hipertensi.

Terkait adanya harapan terhadap kebijakan kenaikan BPJS, Dirin mengaku pasrah. Ia mengatakan ia yang merupakan warga biasa tak bisa berbuat banyak untuk kebijakan kenaikan tarif BPJS 2020 nanti.

Sementara kepala BPJS Kesehatan Tanahlaut, Raudatul Jannah mengatakan kenaikan tarif tersebut baru diterapkan di Januari 2020. Hingga kini menurut pemantauannya beberapa warga yang masih menanyakan terkait penurunan kelas, belum ada yang benar-benar meminta penurunan kelas.

"Saya duduk di depan tadi, masih tanya-tanya saja sih," ujarnya.

Baca: Jika Benar Iuran Naik, Effendi Acam Keluar Kepesertaan BPJS

Sementara terkait data peserta BPJS yang menurunkan kelas terang Jannah ada di kantor BPJS Kesehatan Banjarmasin.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Banjarmasinpost.co.id, permintaan pelayanan penurunan kelas sudah banyak dilakukan peserta.

Setiap hari ada saja peserta BPJS yang datang untuk turun kelas. Namun banyak juga yang tak bisa turun kenals karena untuk turun kelas, peserta harus menjadi sudah satu tahun kepesertaannya.
Banjarmasinpost.co.id/Milna

Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved