Pilkada Kalsel 2020

Pilkada Kalsel 2020, PDIP Umumkan Nama Bakal Calon Pendamping H Sahbirin Paling Lambat Januari 2020

DPP PDIP belum membuka secara spesifik nama Bakal Calon Wakil Gubernur Kalsel yang akan diusung mendampingi H Sahbirin Noor nantinya

Pilkada Kalsel 2020, PDIP Umumkan Nama Bakal Calon Pendamping H Sahbirin Paling Lambat Januari 2020
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto didampingi Ketua DPD PDIP Kalsel Mardani H Maming tiba di Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kemungkinan besar kembali akan satu perahu dengan Calon Gubernur Kalsel dari Partai Pemenang Pileg Kalsel 2019, H Sahbirin Noor pada Pilkada Kalsel 2020 mendatang.

Walau demikian, DPP PDIP belum membuka secara spesifik nama Bakal Calon Wakil Gubernur Kalsel yang akan diusung mendampingi H Sahbirin Noor nantinya, apakah berasal dari kader PDIP atau bukan.

Menurut Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, keputusan DPP PDIP dipastikan akan memprioritaskan keinginan rakyat dilihat dari hasil survei dan pemetaan politik yang dilakukan di masing-masing daerah.

"Politik tidak boleh berandai-andai, desain kepartaian PDIP menyiapkan kader internal partai sebagai Pemimpin termasuk Kepala Daerah. Tapi kami harus melihat harapan Rakyat, ketika yang kami persiapkan ternyata Rakyat punya persepsi yang berbeda, kami harus dengarkan suara Rakyat," kata Hasto saat berada di Banjarmasin, Senin (4/11/2019).

Baca: Maju Pilkada Kalsel 2020 Jalur Independen, Pasangan Calon Wajib Siapkan 243.880 Bukti Dukungan

Baca: Pilgub Kalsel 2020, Baru Sultan Khairul Saleh Pastikan Lawan Paman Birin

Baca: Maju Pilkada Gubernur Kalsel Pada 2020, Sultan Khairul Saleh Pilih Jalur Indefenden, Ini Alasannya

Menurutnya hal ini sejalan dengan cara berpolitik PDIP yaitu bergerak ke bawah bersama rakyat dan bukan justru utamakan manuver di elit politik saja.

Artinya tidak ada jaminan bahwa kader internal PDIP akan menjadi nama yang keluar untuk diusung maju pada Pilkada Kalsel 2020.

Diketahui, saat ini setidaknya ada tiga nama Bakal Calon Kepala Daerah Kalsel yang terdaftar dan diajukan ke DPP PDIP.

Satu di antaranya merupakan kader PDIP yang juga mantan Wakil Gubernur Kalsel, H M Rosehan NB dan dua lainnya merupakan kader Partai Golkar yaitu Petahana Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor dan Mantan Anggota DPR RI, Gusti Iskandar Sukma Alamsyah.

Hasto menyatakan, pengumuman nama-nama Bakal Calon yang akan diusung pada Pilkada mendatang paling lambat dilakukan pada Bulan Januari 2020, kurang lebih enam Bulan sebelum pendaftaran Calon Kepala Daerah Pilkada 2020 di KPU dibuka pada Bulan Juni 2020.

"Untuk beberapa daerah yang bisa dikeluarkan cepat, akan dikeluarkan cepat. Paling lambat Januari kami keluarkan," kata Hasto.

Baca: KPU Buka Sayembara Logo, Maskot dan Jingle Pilkada Kalsel 2020, Hadiahnya Jutaan Rupiah

Baca: Paundra Cucu Bung Karno Diisukan Digaet Gerindra untuk Pilkada Solo 2020, Peluang Berpasangan Gibran

Hal ini disampaikannya usai memimpin Rapat Tiga Pilar PDIP di Markas DPD PDIP Provinsi Kalsel, Jalan A Yani kilometer 5, Banjarmasin Kalsel yang juga dihadiri Ketua DPD PDIP Kalsel, Mardani H Maming, Sekretaris DPD PDIP Kalsel, M Syaripuddin dan jajarannya.

Rapat Tiga Pilar yang menurut Hasto merupakan langkah penguatan konsolidasi politik antara pilar struktural partai, eksekutif partai dan legislatif partai di PDIP ini dihadiri pula Jajaran Pengurus Partai, Kepala Daerah dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat baik tingkat pusat maupun daerah dari DPD PDIP se-Kalsel.

Menurut Ketua DPD PDIP Kalsel, Mardani H Maming, konsolidasi tiga pilar tersebut merupakan amanat dari Kongres PDIP beberapa waktu demi sinergikan program partai, Eksekutif dan Legislatif di tingkat pusat hingga daerah.

"Ini dilakukan supaya sinergi sama-sama membangun kesejahteraan bangsa dan negara dan dilakukan di seluruh Indonesia bukan cuma di Kalsel," kata Mardani. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved