Berita Tapin

RSUD Datu Sanggul Rantau Tak Punya Dokter Spesialis Anestesi, Dilayani Dokter dari RS Lain

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datu Sanggul Rantau di Kabupaten Tapin ternyata belum memiliki dokter spesialis anestesi (pembiusan).

RSUD Datu Sanggul Rantau Tak Punya Dokter Spesialis Anestesi, Dilayani Dokter dari RS Lain
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Rapat dengar pendapat Komisi II DPRD Kabupaten Tapin bersama Manajemen RSUD Datu Sanggul Rantau dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tapin di Ruang Komisi, Senin (4/11/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datu Sanggul Rantau di Kabupaten Tapin ternyata belum memiliki dokter spesialis anestesi (pembiusan).

Hal itu terungkap dalam rapat dengar pendapat Komisi II DPRD Kabupaten Tapin bersama mitra kerjanya, Dinas Kesehatan Kabupaten Tapin dan Manajemen RSUD Datu Sanggul Rantau, di ruang Komisi Dewan, Senin (4/11/2019).

Menyikapi keluhan warga itulah, Komisi II DPRD Kabupaten Tapin, di antaranya Dedy Arief Budiman, H Ikhwanudin Husin, H Adi Parma, H Hairuji dan H Gilang Firdaus Helmi gencar bertanya.

Pelayanan anestesi terhadap pasien selama ini di RSUD Datu Sanggul Rantau, terungkap dilakukan dokter spesialis anestesi dari rumah sakit lain.

Itu menjadi kendala pelayanan karena dokter bersangkutan memiliki tugas utama di rumah sakit asalnya, sehingga pelayanan pasien di RSUD Datu Sanggul terpaksa dirujuk.

Baca: Operasi Antik Intan Polres HSS Ungkap 12 Kasus, Tiga Ibu Rumah Tangga Terjerat Narkoba

Baca: Bawa Pedang Nongkrong di Warung Malam Telaga Langsat HSS,  Pria Ini Terancam Pidana 10 Tahun

Baca: NEWSVIDEO : Ratusan Botol Berisi Alkohol Dimusnahkan Oleh Satpol PP Banjarbaru

Dokter anestesi adalah dokter spesialis yang memiliki tanggung jawab memberikan anestesi (pembiusan) sebelum pasien menjalani operasi atau prosedur medis lainnya. Sebelum menjalani prosedur operasi, pasien akan dibius agar tubuh menjadi kebal dan tertidur.

Direktur RSUD Datu Sanggul Rantau, Milhan mengaku terpaksa merujuk pasien asal Kabupaten Tapin ke rumah sakit umum daerah lainnya, seperti di Kota Banjarmasin dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

"Dokter spesialis anestesi di RSUD Datu Sanggul Rantau ini berstatus pinjam saja," katanya.

Milhan mengaku sudah mencari dokter spesialis anestesi itu di lingkungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, belum ketemu.

Upaya lainnya, ujar Milhan mengumumkan keperluan dokter ahli bius itu di sejumlah Universitas yang ada program studi Kedokteran juga hingga kini belum ketemu.

Halaman
12
Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved