Berita Balangan

NEWSVIDEO : Satlantas Polres Balangan Temukan Banyak Pengendara Sepeda Motor Yang Tidak Light On

Satlantas Polres Balangan kembali menggelar razia pada giat Operasi Zebra 2019 di Jalan A Yani 0 Km Paringin.

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Satlantas Polres Balangan kembali menggelar razia pada giat Operasi Zebra 2019. Kali ini, pemeriksaan terhadap pengendara jalan dilakukan di Jalan A Yani 0 KM, Paringin, Kabupaten Balangan, Selasa (5/11/2019).

Sejumlah pengendara, baik roda dua, roda empat dan roda enam tak lepas dari pemeriksaan. Mereka diminta memperlihatkan surat menyurat kelengkapan kendaraan tersebut.

Selain itu, Satlantas Polres Balangan juga bekerjasama dengan Dishub Balangan untuk melakukan pemeriksaan muatan barang. Tentunya melewati proses penimbangan muatan yang dilakukan di Terminal Paringin.

Razia kali ini nampaknya difokuskan pada kelengkapan pengendara dan kondisi fisik kendaraan, terutama menyalakan lampu utama.

Sebagaimana tertera pada Pasal 107 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan (UU LLAJ), ayat 2 yang isinya Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.

Gelar Razia Gabungan di Operasi Zebra Intan 2019, 150 Tilang Diberikan kepada Pengendara

Ngamuk dan Menenteng Parang di Pasar Keramat, Pemuda Ini Diamankan Polres HST

Bungkus Sabu Dengan Tisu, Mahasiswa Ini Diamankan Satresnarkoba Polres HST

Stadion 17 Mei Dua Kali Menunggak Bayar Listrik, Djumaderi Maserun Harapkan Ini

Beberapa pengendara yang terjaring rajia mengaku tidak mengetahui adanya peraturan tersebut. Sehingga mereka pun harus kena tilang oleh Satlantas Polres Balangan. Adapun sosialisasi perihal lampu kendaraan ujar Kasatlantas Polres Balangan, AKP Sudarto, sudah dilakukan sejak terbitnya peraturan tersebut.

Warga Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Abdussamad mendapatkan surat tilang karena lampu kendaraan roda duanya yang tidak menyala. Ia mengaku tidak mengetahui kalau siang hari harus menyalakan lampu tersebut.

Namun atas penjelasan oleh anggota Satlantas Polres Balangan, Abdussamad pun menerima kesalahan yang ia lakukan dan berniat menyalakan lampu setiap saat.

Karena mendapatkan surat tilang, Abdussamad pun harus mengikuti sidang yang diagendakan pada tanggal 21/11/2019 mendatang di Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Balangan.

Perihal giat kali ini, Kasatlantas Polres Balangan, AKP Sudarto menerangkan memang banyak pelanggaran yang didapat karena tidak menyalanya lampu utama.

"Kami sudah mengimbau agar pengendara selalu menyalakan lampu utama mereka karena ini merupakan peraturan undang-undang," ucap AKP Sudarto.

Jelasnya pula, Polres Balangan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Balangan untuk giat tersebut. Peran Dishub Balangan yakni memeriksa muatan dari angkutan barang yang melintas. Apabila melebihi, maka penindakan pelanggaran pun dilakukan.

Selama 14 hari Operasi Zebra 2019 berlangsung, dijelaskan AKP Sudarto adanya pengurangan signifikan pada pengendara di bawah umur. Sebagaimana siswa atau pelajar yang belum memiliki SIM namun sudah menggunakan kendaraan bermotor.

Atap Kelas SDN Gentong Pasuruan Ambruk, 1 Guru dan 1 Siswa Tewas

Keretakan Hubungan Evelyn Nada Anjani dan Roy Kiyoshi Diungkap, Mantan Aming Cuma Dianggap Teman?

Polisi Amankan Tiga Pelaku, Terungkap Pengeroyokan Diduga Dipicu Rasa Cemburu

"Selama giat Operasi Zebra memang masih ada pelajar yang kena tilang. Tapi hanya satu atau dua pengendara saja," ucapnya.

Lantas, AKP Sudarto juga mengharapkan agar masyarakat lebih sadar dan patuh hukum. Selain itu tertib dalam berlalu lintas agar terciptanyanya ketertiban dalam berlalu lintas.(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved