Berita Kesehatan

Kenali 3 Penyakit yang Bakal Bikin Heboh di 2020 Selain Hepatitis A

Kota Depok baru saja menyatakan KLB (Kejadian Luar Biasa) terhadap maraknya kasus hepatitis A menjelang akhir tahun ini

Kenali 3 Penyakit yang Bakal Bikin Heboh di 2020 Selain Hepatitis A
kompas tv
Ilustrasi Campak Rubella 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kota Depok baru saja menyatakan KLB (Kejadian Luar Biasa) terhadap maraknya kasus hepatitis A menjelang akhir tahun ini. Meski jumlahnya kini telah berkurang, hepatitis A masih tetap harus diwaspadai.

Namun, fokus masyarakat tidak boleh hanya tertuju pada hepatitis A saja. Menurut Dr. Nina Dwi Putri, Sp. A-K, MSc, Spesialis Dokter Anak, terdapat tiga penyakit yang sangat disoroti pada 2019 dan masih perlu diwaspadai hingga tahun-tahun berikutnya:

1. Difteri

Penyakit difteri merupakan infeksi yang menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphteriae. Penyebarannya melalui udara, peralatan rumah tangga yang terkontaminasi, dan menyentuh luka orang yang terinfeksi difteri.

Ratu Ular dari Purwokerto, Pelihara Ratusan Ular Berbisa, Layani Evakuasi Hingga Hadang Teror Kobra

Ternyata Anak yang Sulit Menjalin Hubungan Sosial dengan Orang Lain Bisa Diasah, Ini Caranya

Bintang Eiffel Im in Love Saphira Indah Meninggal saat Hamil, 16 Artis Indonesia Berpulang di 2019

Nina mengungkapkan, penyakit yang menyebabkan Kejadian Luar Biasa (KLB) ini selalu menimbulkan kasus baru setiap bulan, khususnya pada tahun 2019 ini.

“Di media nasional menampilkan outbreak (difteri) terbaru di medan. Setiap bulan selalu ada kasus barunya” ujarnya saat ditemui dalam acara National Media Briefing on Hepatitis A yang diadakan di RS Universitas Indonesia bersama Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam (PAPDI) di Kota Depok (19/12/2019).

2. Polio

Polio atau poliomyelitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang sistem saraf pusat sehingga dapat mengakibatkan kelumpuhan pada otot sementara maupun permanen.

Nina menjelaskan, walaupun kini kasus polio hanya berada di Papua, namun kita harus tetap waspada karena terdapat negara di sekitar Indonesia yang mengalami KLB polio seperti Filipina dan Sabah.

“Sabah itu bordernya (perbatasannya) dengan Kalimantan. Jadi ketika melihat border-nya Sabah sama Kalimantan, kita harus cek statusnya dan cangkupan imunisasi di Kalimantan” ujarnya.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved