Kriminalitas Tabalong

Sopir Angkutan Umum di Kabupaten Tabalong Ternyata Ada yang Positif Narkoba

Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tabalong menggelar tes urin yang dilakukan kepada supir taksi angkutan umum di Tabalong, Senin (23/12/2019).

Sopir Angkutan Umum di Kabupaten Tabalong Ternyata Ada yang Positif Narkoba
BNNK Tabalong
Pengecekan tes urine supir angkutan umum. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tabalong menggelar tes urin yang dilakukan kepada supir taksi angkutan umum di Tabalong, Senin (23/12/2019).

Dari enam supir dengan pemilihan random check yang dilakukan tes urine, satu supir angkutan umum beralamatkan daerah Amuntai terindikasi menggunakan Narkoba dengan kandungan Methamphetamine. Tindakan lanjutan terhadap supir diserahkan kepada Dinas Perhubungan.

Hal ini disampaikan Kepala BNNK Tabalong Husni Thamrin, dirinya mengatakan sangat berbahaya sekali jika para supir angkutan umum tengah dibawah pengaruh obat obatan terlarang. Karena selain dapat membahayakan diri sendiri juga dapat membahayakan orang lain.

Daftar Resep Kue yang Cocok Disajikan Saat Hari Natal 2019 & Tahun Baru 2020, Ada Nastar & Puding

Rafael da Silva Hengkang dari Barito Putera, Djanur Malah Belum Tahu Nasibnya di Tim Laskar Antasari

Ini Penyebab Operator SPBU Ini Tusuk Temannya Hingga Tewas, Hero Peragakan 26 Adegang di Reka Ulang

Sebelumnya BNNK Tabalongbjuga telah mrlakukan tindakan pencegahan melalui pengecekan tes urin di masyarakat, sekolah, instansi pemerintahan dan instansi swasta.

Sebelumnya dilakukan pencegahan dengan adanya sosialisasi tentang Pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) dan deteksi dini melalui tes urin.

Selama 2019 BNNK Tabalong melaksanakan 57 kali sosialisasi, yang didukung anggaran 11 kali non-dipa atas undangan masyarakat serta dari instansi sebanyak 46 kali.

Dari 57 kali sosialisasi masyarakat yang mendapatkan informasi sebanyak 24.594 orang. Sosialisasi sasarannya adalah di bidang pendidikan sebanyak 3995 orang, sasaran ASN 150 orang, masyarakat 18.526 orang dan instansi Swasta 232 orang peserta. Dengan tototal warga yangvmendapatkan sosialisasi sebanyak 22.903 orang.

"Kita juga melaksanakan pembentukan relawan anti narkoba 30 orang, penggiat Anti narkoba 40 orang terdiri dari masyarakat dan unsur pemerintah, yang menjadi perpanjangan tangan BNNK Tabalong," ungkapnya.

Kegiatan pelaksanaan test urine juga telah dilaksanakan dengan rincian anggaran DIPA sebanyak 3 kali dan Non-Dipa 68 kali dengan jumlah peserta test urine DIPA 2019 sebanyak 105 orang dan Non-DIPA 1.671 Orang. Adapun untuk pelayanan Rehabilitasi Klinik Pratama 48 orang, LRKM 7 orang dan Puskesmas 10.

Dari beberapa tes urin juga terdapat yang positif yaitu di pemerintahan dilakukan 18 kali pemeriksaan dengan jumlah peserta 605 orang. Hasilnya ada yang 4 positif yang merupkan tenaga kontrak dan dua diantaranya benzo atau dalam rangka pengobatan.

Di instansi swasta 4 kali pengecekan urin dwngan peserta 134 orang ditemukan 1 positif jenis sabu. Tindak lanjut dikembalikan ke manajernya. Sedamgkan dilingkungan pendidikan, 14 kali deteksi dini melibatkan 1000 siswa, hasilnya negatif semua.

Tes urine di masyarakat dilakukan satu kali saat razia gabungan secara acak dan dari 25 pengecekan terdapat dua orang positif sabu. "Tindak lanjut untuk yang positif akan dilakukan direhabilitasi demgan minimal delapan kalibpertemuan," ujarnya.

Saat ini terdapat 65 orang yang tengah dalam masa rehabilitasi. Yaitu di klinik Pratama 48 orang dengan rincian 46 lakiblaki dan dua perempuan. Rehabilitasi masyarakat 7 orang laki laki dan satu perempuan, serta untuk di instansibpemerintah dilakukan di Puskesmas Kelua dan Muara Uya sebanyakn10 orang laki laki.

"Dari 65 orang jenis kecanduan sabu 45 orang, ekstasi 10 orang, zenit 23 orang, alkohol 19 orang, obat obatan 5 orang, lem Fox 1 orang, dan semuanya atas kesadaran sendiri untuk di rehab," ujar Kepala BNNK. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved