Wabah Virus Corona

Virus Corona Bisa Menular Lewat Air Mata, Urine dan Keringat? Ini Penjelasannya

Berikut penjelasan ahli mengenai apakah Virus Corona atau Covid-19 bisa menular melalui keringat, air mata maupun urine.

Stocktrek Images/Getty Images
Ilustrasi Virus Corona. 

Editor: Rendy Nicko
BANJARMASINPOST.CO.ID - Selain lewat kontak langsung, Penularan Virus Corona atau Covid-19 ramai dibicarakan bisa melalui keringat, air mata dan urine.

Adanya kabar mengenai cara penularan Virus Corona atau Covid-19 melalui keringat, air mata dan urine ini merupakan tindak lanjut dari info bahwa percikan bersin, batuk dan berbicara dengan orang lain sebagai sarana penularan.

Melansir halaman mercurynews.com, menurut Q&A dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, tidak ada data yang cukup untuk mengetahui apakah Virus Corona menular lewat keringat, air mata dan urine.

Daftar Gejala Baru Virus Corona Terbaru Mulai Muncul, Penderita Alami Ini

Namun berdasarkan bukti yang ada, para ahli medis telah melakukan pengamatan tentang virus Covid-19 atau Virus Corona yang secara resmi disebut sindrom pernapasan akut coronavirus-2 (SARS-COV-2).

Berikut penjelasan singkatnya dari berbagai sumber :

Virus corona menular lewat keringat ?

Hingga saat ini, tidak ada bukti yang menyatakan bahwa Virus Corona tersebut dapat tertular melalui keringat.

Direktur Eksekutif Pusat Penyakit Menular Nasional, Profesor Leo Yee Sin, mengatakan hal itu dalam sebuah wawancara kepada straitstime.com yang merupakan media dari Singapura.

Meski demikian, Profesor Leo, menyebutkan tidak menutup kemungkinan bahwa virus dapat tertular melalui keringat

Jika keringat tersebut telah terkontaminasi dengan kotoran hidung, atau percikan batuk dari orang yang terinfeksi covid-19.

"Keringat saja tidak akan menyebarkan penyakit, tetapi bisa jika keringat itu bercampur dengan kotoran pada hidung seseorang atau jika orang tersebut batuk dan mencemari keringat,” ujar Professor Leo, dikutip dari straitstime.com.

Virus corona menular lewat muntah, urine, atau ASI ?

Halaman
123
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved