Berita Tabalong

KPU Tabalong Sebut Jumlah TPS Pilkada 2020 Alami Perubahan

Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Tabalong Kalsel untuk Pilkada serentak tahun 2020 mengalami perubahan

banjarmasinpost.co.id/dony usman
Ketua KPUD Tabalong, Ardiansyah 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG-
Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Tabalong Kalsel untuk Pilkada serentak tahun 2020 mengalami perubahan dari pilkada tahun 2018 dan Pileg tahun 2019.

Untuk Pilkada serentak tahun 2020 ini, KPU Tabalong menyebutkan akan ada sebanyak 621 TPS yang tersebar di 12 kecamatan.

Pasca-PSBB di Tengah Pandemi Covid-19, Penjualan Honda Big Bike Kembali Meningkat

Bila dibandingkan dengan Pilkada Tabalong tahun 2018, maka jumlah TPS mengalami penambahan sektar 17 TPS karena saat itu ada 604 TPS.

Sedangkan bila dibandingkan dengan Pileg tahun 2019, maka jumlah TPS mengalami penurunan karena saat itu TPS mencapai 848 buah.

Ketua KPUD Tabalong, Ardiansyah, membenarkan, ada perubahan jumlah TPS untuk Pilkada serentak tahun 2020 dibandingkan pemilihan sebelumnya.

Perubahan jumlah TPS ini karena untuk Pilkada serentak tahun 2020 ini jumlah pemilihnya ditetapkan maksimal 500 orang.

Dari situlah, KPU Tabalong telah melakukan pencermatan sehingga didapatkan jumlah TPS di Tabalong dalam pilkada serentak tahun 2020 ini ada 621 TPS.

"Sebelumnya saat Pilkada tahun 2018 ada 604 TPS, jadi penambahan 17 TPS," katanya.

PPDB Online SMA Sederajat Bermasalah Down Server, Ketua MKKS SMK Provinsi Kalsel Beri Saran Begini

Menurut Ardiansyah, karena Tabalong dalam pilkada serentak tahun 2020 ini hanya pelaksana pemilihan gubernur dan wakil gubernur, maka diperkirakan waktu pelaksanaan di TPS tidak akan berlangsung lama.

Ini karena dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur ini hanya ada satu surat suara dan juga satu kotak suara, sehingga diperkirakan bisa selesai pada pukul 14.00 atau pukul 15.00 wita.

Sedangkan untuk jumlah petugas di TPS tidak ada mengalami perubahan, dimana masing-masing ada tujuh KPPS di tiap TPS dan ditambah petugas keamanan dua orang.

Sementara itu karena kemungkinan masih berada dalam masa pandemi, maka setiap petugas nantinya akan dibekali APD dengan penerapan standar prtokol kesehatan. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved