Breaking News:

Berita Banjarmasin

Pemerintah Kampanye AKB, Begini Pandangan Anggota Tim Pakar Penanganan Covid-19 ULM

Anggota Tim Pakar Percepatan Penanganan Covid-19 ULM minta pemda berpikir keras dan cepat untuk menciptakan inovasi kebijakan supaya pandemi menurun.

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Alpri Widianjono
ISTIMEWA
Tim Pakar Percepatan Penanganan Covid-19 Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Hidayatullah Muttaqin, SE., M.Si., Pg.D. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemerintah pusat hingga pemerintah daerah di Kalimantan Selatan ( Kalsel ), saat ini sudah mulai mengampanyekan konsep adapatasi kebiasaan baru yang merupakan penerjemahan dan penyesuaian dari konsep new normal.

Yaitu, perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas secara normal namun dengan ditambah penerapan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. 

Namun menurut anggota Tim Pakar Percepatan Penanganan Covid-19 Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Hidayatullah Muttaqin, SE, MSI, Pg.D, penerapan konsep tersebut membawa tantangan tersendiri bagi pemerintah. 

Hal ini disampaikannya dalam pertemuan virtual yang digelar Magister Ilmu Pemerintahan FISIP ULM yang juga dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Rabu (22/7/2020).

Mengolah data dari berbagai sumber termasuk data milik Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel dan Badan Pusat Statistik (BPS), Muttaqin menilai penerapan kebijakan new normal dan sejenisnya membawa dilema tersendiri. 

Menurutnya dilihat dari data, pasca berakhirnya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di beberapa daerah di Kalsel, jumlah kasus Covid-19 masih cenderung meningkat. 

Pembangunan 77 Rumah untuk Warga Tidak Mampu di Kalsel Telah Rampung

Kasus Kekerasan Menurun, Kalsel Dapat Penghargaan dari KPAI

BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin Sebut 10 RS di Kalsel Ajukan Klaim Perawatan Pasien Covid-19

UTBK Tahap Kedua ULM Dimulai 22 Juli 2020, Hanya Diikuti Tiga Peserta, Ternyata Ini Sebabnya

Tanggapi Rencana DPRD Banjarmasin Bentuk Pansus Covid-19, Pengamat Politik ULM Sebut Kurang Elegan

Tim PPP Covid-19 ULM Sarankan GTPP Kalsel Gandeng Tokoh Agama

Rata-rata status PSBB di beberapa daerah di Kalsel yang berakhir pada April dan Mei 2020. Namun, angka rata-rata kasus konfirmasi Covid-19 harian di Kalsel justru meningkat. 

Yaitu, 5,67 kasus perhari di Bulan April, 18,32 kasus di Bulan Mei, 80,33 kasus di Bulan Juni dan kembali meningkat menjadi rata-rata 92,10 kasus perhari di Bulan Juli 2020.

Penerapan konsep new normal dan sejenisnya, menurut Muttaqin, bisa saja menyebabkan pandemi berlangsung lebih lama, korban lebih banyak dan jangkauan paparan lebih luas. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved