Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Pasar Modal Terdampak Besar Karena Pandemi, AEI Usul Lima Langkah Ini ke Pemerintah

Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) mengusul lima hal ini kepada pemerintah untuk mengatasi dampak pandemi yang besar terhadap pasar modal

Ilustrasi
Ilustrasi-Pasar Modal 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOS.CO.ID, JAKARTA - Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) mendukung upaya pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19 dan dampaknya.

Tim Pengkajian dan Ketua Umum Asosiasi Emiten Indonesia, Franciscus Welirang dalam keterangan tertulisnya mengatakan, pasar modal sebagai salah satu indikator perekonomian terdampak cukup besar.

Menurutnya, pandemi Covid-19 mengakibatkan penurunan nilai transaksi perdagangan harian, penurunan animo perusahaan untuk IPO, penurunan aktivitas investor asing dan institusi, serta tentunya juga penurunan kinerja fundamental emiten.

Berdasarkan data laporan keuangan emiten semester pertama tahun ini, berbagai emiten mengalami penurunan cukup berarti baik dari sisi pendapatan maupun laba bersih.

Redam Dampak Covid-19, SRO Berikan Stimulus kepada Stakeholders Pasar Modal

Efek Covid-19, Saham Sektor ini Paling Aman di Pasar Modal

Menyikapi kondisi itu, ujar Franky, sapaan akrab Franciscus Welirang mengatakan, pihaknya telah melakukan pengamatan atas perkembangan yang terjadi.

Berdasarkan pengamatan itu, Franky mengusulkan lima hal pada pemerintah.

Pertama, pihaknya mengusulkan agar pemerintah mengambil langkah yang lebih strategis terkait dengan upaya peningkatan dan penguatan peran pasar modal untuk bisa berkontribusi lebih besar dalam mengatasi dampak bencana dalam jangka panjang.

Selain itu, AEI mengusulkan agar pemerintah memberikan perhatian dan lebih fokus pada upaya memaksimalkan segala sumber daya yang ada pada sektor pasar modal dan meningkatkan peran dan kontribusi pasar modal untuk percepatan perbaikan kinerja perekonomian nasional.

Usul ketiga adalah memperhatikan konsep bisnis pasar modal dalam industri jasa keuangan.

Halaman
12
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved