Breaking News:

Pilkada Kalsel

Tim Hukum AnandaMu Minta Pilwali Banjarmasin 2020 Diulang

Tim Hukum AnandaMu datangi Bawaslu melaporkan dugaan pelanggaran pada Pilwali Banjarmasin 2020 dan keberannya tak diakomodasi KPU.

BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Tim pemenangan paslon AnandaMu melapor ke Bawaslu di Jalan Dharma Praja, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (17/12/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Saksi dari tim pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin,  yakni Hj Ananda-Mushaffa Zakir, menolak hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan dan penetapan suara tingkat kota Banjarmasin untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Banjarmasin 2020.

Penolakan dari saksi AnandaMu dilakukan dengan menolak menandatangani berita acara hasil rapat pleno yang saat itu dilaksanakan di Hotel Rattan Inn.

Terkait hal itu, hari ini Kamis (17/12/2020) Tim Pemenangan dan Hukum paslon nomor urut 4 mendatangi Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banjarmasin di Jalan Dharma Praja.

Juru Bicara Tim Pemenangan AnandaMu, yakni Syarkawi, mengatakan, pihaknya menindaklanjuti saksi AnandaMu yang menolak hasil rapat pleno dan kemudian mengisi formulir kejadian khusus untuk menyatakan keberatannya.

"Kami minta Bawaslu dan Gakkumdu melakukan investigasi atas laporan Tim AnandaMu yang telah disampaikan, namun tidak diakomodasi KPU Banjarmasin saat Rapat Pleno Terbuka," ucap Syarkawi.

Baca juga: Saksi AnandaMu Tolak Tandatangan Berita Acara Hasil Pleno Rekapitulasi, ini Respons KPU Banjarmasin

Baca juga: Respon Munculnya Zona Merah Covid-19, Pemko Banjarmasin Batasi Aktivitas hingga Pukul 22.00 Wita

Bersama tim hukum, lanjut Syarkawi, pihaknya membawa sejumlah bukti, antara lain perbedaan antara surat suara sah dan surat suara tidak sah, tidak sama dengan jumlah pemilih yang hadir.

Sebab, pihaknya menemukan kejanggalan di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada Banjarmasin yang dilaksanakan Rabu (9/12/2020) lalu.

Misalnya saja, lanjutnya, di TPS 11 Kelurahan Belitung Utara Kecamatan Banjarmasin Barat. Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang hadir 160 orang, plus dua orang tambahan DPT, tapi data surat suara sah dan tidak sah totalnya ada 170 pemilih. 

Selanjutnya di TPS 12 Kelurahan Teluk Tiram Kecamatan Banjarmasin Barat, jumlah pemilih yang hadir 191 orang, namun data suara sah dan tidak sah mencapai 237 pemilih dan ada selisih suara 46 orang. 

Halaman
12
Penulis: Frans Rumbon
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved