Breaking News:

Tarif Tertinggi Rapid Antigen

Banyak Fasilitas Kesehatan Patok Tarif Tinggi, Kemenkes Tetapkan HET Rapid Test Antigen Segini

Pemerintah pun menetapkan HET rapid test antigen berbasis metode usap (swab). Tidak hanya di Jawa tapi juga di luar Jawa

dok BIN
Ilustrasi rapid test antigen.Banyak Fasilitas Kesehatan Patok Tarif Tinggi, Kemenkes Tetapkan HET Rapid Test Antigen Segini 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Rapid test antigen saat ini tengah jadi buah bibir. Hal itu lantaran pemerintah mewajibkan masyarakat yang hendak bepergian ke Jakarta dan Bali harus mengantongi hasil rapid antigen.

Maklum saja, jelang akhir tahun kedua daerah itu selalu ramai dikunjungi wisatawan atau masyarakat biasa. hasil rapid antigen ini diperlukan untuk menghambat penyebaran virus Covid-19.

Pemerintah pun menetapkan batasan tarif tertinggi atau HET rapid test antigen berbasis metode usap (swab). Tidak hanya di Jawa tapi di luar Jawa pun ditetapkan.

Hal itu lantaran saat ini banyak fasilitas kesehatan yang mematok tinggi tarif rapid test antigen.

Baca juga: Rapid Antigen dan Swab Antigen Ramai Dibahas, Ternyata Ini Kesamaannya

Baca juga: Bagian Tubuh yang Diperiksa Saat Rapid Antigen, Ini Bedanya dengan Rapid Test Antibodi dan PCR

Sekretaris Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes Azhar Jaya menegaskan bahwa semua fasilitas kesehatan yang melayani rapid test antigen, wajib mengikuti aturan yang ditetapkan.

"Rumah sakit dan klinik swasta harus mengikuti kebijakan ini. Sekali lagi saya tegaskan harus mengikuti kebijakan ini," kata Azhar dalam konferensi pers, Jumat (18/12/2020).

Dengan adanya penetapan kebijakan tersebut, maka Dinas Kesehatan provinsi dan kabupaten/kota harus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaannya.

Azhar mengimbau, agar rumah sakit dan klinik swasta yang masih mematok harga tinggi rapid test antigen, segera menurunkan tarif.

Adapun pemerintah telah menetapkan batas tarif tertinggi untuk rapid test antigen yaitu Rp 250.000 di Pulau Jawa, dan Rp 275.000 di luar Pulau Jawa.

Hal ini diatur dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/1/4611/2020 Tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab.

Halaman
12
Editor: Anjar Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved