Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Kepala BPS Kalsel Kaget karena Terjadi Deflasi pada Januari 2021

Tiga daerah diteliti BPS Kalteng yang secara kumulatifnya terjadi deflasi 0,17 persen, Banjarmasin, Tanjung, Kotabaru

TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE BPS KALSEL
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Selatan, M Edy Mahmud, saat menjelaskan inflasi dan deflasi, Senin (1/2/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU -  Awal tahun 2021, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengalami Deflasi sebesar 0,17 persen.

Padahal, Kalsel mengalami bencana banjir. Ada tiga daerah yang diteliti dan kumulatifnya disampaikan deflasi 0,17 persen.

Menurut Kepala Bada Pusat Statistik Kalsel, M Edy Mahmud, dalam rilisnya di kanal youtube BPS Kalsel, Senin (1/2/2021), hal  ini menujukkan indikasi baik. Namun, BPS akan lihat tindak lanjut dibulan ke depannya.

"Cukup mengagetkan memang. Padahal, Kalsel ada musibah banjir. Namun statusnya deflasi secara keseluruhan. Ini dipengaruhi dari komoditi transportasi yang alami deflasi yang cukup dalam," tandas Moh Edy Mahmud.

Diuraikannya, memang hampir semua kelompok mengalami inflasi. Sedangkan deflasi, justru hanya terjadi di kelompok  tranportasi minus 3,95.

Berawal dari Online, Futiha Studio Buka Toko Offline Saat Pandemi

VIDEO Sopir Truk Kesulitan Lintasi Jalan Rusak Antara Mataraman dan Astambul Kabupaten Banjar

"Kelompok lainnya justru inflasi dan kelompok stagnan yakni kelompok pendidikan," kata dia. 

Dijelaskan M Edy Mahmud, di Kalsel ada tiga daerah yang dihitung. Masing-masing, Kotabaru dan Tanjung mengalami inflasi masing-masing sebesar 0,25 persen dan 0,03 persen. Sedangkan Banjarmasin mengalami deflasi sebesar 0,23 persen. 

Deflasi terjadi karena adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh penurunan signifikan pada indeks kelompok pengeluaran transportasi sebesar 3,95 persen.

Sementara, sambung M Edy Mahmud, indeks kelompok lainnya mengalami kenaikan yang tidak signifikan.

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved