Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Optimisme Perbaikan Perekonomian Kalimantan Selatan pada 2021 Terus Berlanjut

KPw BI Kalsel sebut terjadi kenaikan harga-harga komoditas utama Kalimantan Selatan, batu bara dan CPO, serta peningkatan permintaan dari negara mitra

ist
Ilustrasi - Aktivitas pertambangan batu bara. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Analisis pihak Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan ( KPw BI Kalsel ) menyatakan bahwa perbaikan perekonomian pada 2021 terus berlanjut. 

Kepala KPw BI Kalsel Amanlison Sembiring, menyampaikan, berdasarkan data BPS, secara tahunan, perekonomian Kalimantan Selatan pada triwulan IV 2020 mengalami perbaikan kontraksi sebesar 2,94 persen  (yoy).

Hal ini dibandingkan dengan Triwulan III 2020 yang kontraksi sebesar 4,94 persen (yoy). 

"Keyakinan terhadap perbaikan perekonomian sejalan dengan kenaikan harga-harga komoditas utama Kalimantan Selatan, batu bara dan CPO, serta peningkatan permintaan dari negara mitra," ungkapnya. 

Optimisme pemulihan ekonomi tersebut didukung oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui perumusan berbagai strategi.

Pengurus REI Kalsel Bertekad Saling Menguatkan untuk Maju dan Berkembang

Banjir Kalsel di Gambut Kabupaten Banjar Mulai Surut, Perajin Tapai In Kembali Berproduksi

Hal itu dalam rangka peningkatan serapan belanja daerah (APBD) seperti prioritas pencairan anggaran pada kegiatan-kegiatan yang berdampak luas pada masyarakat/padat karya.

Kemudian, melakukan percepatan pengadaan barang dan jasa secara transparan, akuntabel.

Serta, optimalisasi pemanfaatan aset daerah dan optimalisasi anggaran kontraktual pada kegiatan prioritas termasuk pemantauan progress penyelesaiannya. 

Terkait stimulus fiskal, Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), perangkat daerah terus mendorong percepatan dan perluasan serapan agar penyaluran berjalan lancar dan tepat sasaran. 

Harga Kedelai Naik Lagi,  Perajin Tahu dan Tempe Pilih Setop Produksi

Halaman
12
Penulis: Salmah
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved