Breaking News:

Berita Kalteng

Petugas Laboratorium Klinis RSUD Kapuas Ikuti Pelatihan PCR di Labkes Provinsi Kalsel

Sejumlah petugas laboratorium klinis RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kualakapuas ikuti pelatihan pelayanan pemeriksaan PCR di Labkes Provinsi Kalsel.

RSUD Kapuas
Petugas klinis laboratorium RSUD Kapuas pelatihan pelayanan kesehatan di Labkes Provinsi Kalsel, Rabu (17/2/2021) 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Sejak akhir 2020, sejumlah petugas laboratorium klinis RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kualakapuas ikuti pelatihan pelayanan pemeriksaan PCR di Labkes Provinsi Kalsel.

Pelatihan berlangsung di Gedung Laboratorium Kesehatan (Labkes) Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Jalan Bumi Mas Raya Pemurus Baru, Kota Banjarmasin.

Ini dimaksudkan untuk persiapan akan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat Kabupaten Kapuas dan sekitarnya.

Petugas laboratorium yang ditugaskan untuk mengikuti pelatihan berjumlah empat orang yang terdiri dari satu orang Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik dan tiga orang petugas Analis Laboratorium Kesehatan.

Baca juga: Polda Kalteng Gulung Kelompok Penambang Emas Ilegal di Kapuas, Sita Dua Ekskavator dan Senpi Rakitan

Baca juga: Aplikasi JRku PT Jasa Raharja Banyak Fitur Layanan, Warga Kalteng pun Bisa Klaim Santunan Online

Baca juga: Presiden Jokowi ke Kalsel, Kembali Batal Kunjungi Kabupaten HST, Warga Baru Waki Mengaku Kecewa

Adapun pemeriksaan PCR atau Polymerase Chain Reaction adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri atau virus.

Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit Covid-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus Corona.

Dokter Penanggung Jawab Pelayanan Instalasi Laboratorium Rumah Sakit, dr Satria Ramli, Sp.MK menjelaskan terbatasnya lab pengujian di Kalimantan Tengah, menyebabkan lamanya pengujian spesimen suspek Covid-19.

"Keberadaan laboratorium pengujian spesimen memegang peranan penting dalam mendukung upaya percepatan penanganan Covid-19," katanya, Rabu (17/2/2021).

Pembangunan Gedung Laboratorium Bio Safety Level -2 (BSL-2) yang dibangun oleh Dinas PUPRPKP Bidang Cipta Karya di kawasan RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kualakapuas sudah hampir selesai.

Perkembangan berikutnya tinggal menunggu penyelesaian dari lantai epoxy sesuai standar kesehatan.

"Semoga dengan pelatihan peningkatan pengetahuan dan skill dari petugas laboratorium rumah sakit di Kapuas ini dapat memberikan pelayanan kesehatan terbaik," pungkasnya.

(banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved