Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Perbedaan Mudik Lebaran dengan Pulang Kampung Ternyata Ini, Pemerintah Larang Mudik Lebaran 2021

Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan pelarangan mudik Lebaran 2021 untuk masyarakat. Lantas, beda dengan pulang kampung apa?

Editor: Royan Naimi
KOMPAS.COM/ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH
Sejumlah kendaraan melintasi tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) menuju tol Jakarta-Cikampek di Bekasi , Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Menurut data Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya sebanyak 44.550 kendaraan keluar wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi ) melewati gerbang tol Cikampek Utama jelang larangan mudik yang ditetapkan pemerintah pada (24/4/2020). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan pelarangan mudik Lebaran 2021 untuk masyarakat. Lantas, beda dengan pulang kampung apa?

Baru-baru ini, melalui Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi pada Jumat (26/3/2021) pemerintah mengumumkan pelarangan mudik Lebaran 2021.

Disebutkan, larangan mudik Lebaran tahun 2021 ini diberlakukan kepada semua masyarakat Indonesia.

Menurut Muhadjir mengatakan, pemerintah memutuskan melarang mudik lebaran karena ada pertimbangan.

Baca juga: Pemerintah Larang Mudik Lebaran, ASN Pemko Banjarmasin Ini Pilih Tak Pulang ke Kaltim

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran 2021, Pemprov Kalsel Masih Tunggu Surat Resmi

Baca juga: Mudik Lebaran 2021 Dilarang, Pemerintah Siapkan Aturan Prokes Ketat Bagi yang Nekat Bepergian

Saat ini, tingginya angka penularan dan kematian akibat Covid-19 setelah beberapa kali libur panjang, khususnya libur Natal dan Tahun Baru.

Masa berlaku larangan mudik Lebaran 2021 tersebut mulai 6-17 Mei 2021. Adapun sebelum dan sesudahnya, masyarakat diimbau untuk tetap meniadakan aktivitas perjalanan.

"Larangan mudik akan mulai pada 6-17 Mei 2021. Sebelum dan sesudah waktu tersebut, diimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pergerakan atau kegiatan-kegiatan ke luar daerah, kecuali betul-betul dalam keadaan mendesak dan perlu," kata Muhadjir.

Dalam perkembangannya, timbul pertanyaan, apa beda mudik dengan pulang kampung?

Seperti diketahui, pada tahun 2020, masyarakat Indonesia sempat dipusingkan dengan istilah serta aturan mengenai mudik dan pulang kampung.

Tahun lalu pemerintah menunda jadwal cuti bersama hingga Desember 2020.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved