Breaking News:

Larangan Mudik 2021

Larangan Mudik Lebaran 2021 Diberlakukan, Ini Jenis Perjalanan yang Dikecualikan

Larangan mudik Lebaran 2021 diberlakukan. Namun ada perjalanan yang dikecualikan, dengan syarat ketat.

Editor: Anjar Wulandari
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Polisi menghalau mobil pribadi yang membawa penumpang di jalan tol Jakarta-Cikampek untuk keluar ke Gerbang tol Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (24/4/2020). Larangan Mudik Lebaran 2021 Diberlakukan, Ini Jenis Perjalanan yang Dikecualikan 

Editor : Anjar Wulandari

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pemerintah resmi melarang kegiatan mudik pada libur Lebaran 2021 ini. Larangan itu disebarkan dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang peniadaan mudik Ramadhan dan Lebaran 6-17 Mei 2021.

Larangan mudik Ramadhan dan Lebaran 2021 itu demi melindungi masyarakat dari penularan virus corona.

Meskipun saat ini program vaksinasi covid-19 masih berjalan, namun bukan berarti kondusif untuk bepergian. Sebab virus corona masih saja mengintai.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, larangan mudik diberlakukan untuk moda transportasi darat, laut dan udara.

Baca juga: Wabah Corona Kalteng, Warga Kecamatan Jekanraya Palangkaraya Paling Banyak Tertular Covid-19

Baca juga: Pelarangan Mudik Makin Ketat, Tak Ada Moda Transportasi Sejak 6 -17 Mei

"Berdasarkan fakta yang ada, pemerintah mencoba belajar dari pengalaman dan berusaha merancang kebijakan dengan prinsip utama keselamatan dan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu ditetapkan adanya peniadaan mobilitas mudik sementara yang berlaku dari tanggal 6-17 Mei 2021," kata Wiku, dilansir dari covid19.go.id, Kamis (8/4/2021).

Dermaga penyeberangan di Mentaya Seberang, Kecamatan Seranau, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, satu tempat sosialisasi tentang larangan mudik Lebaran.
Dermaga penyeberangan di Mentaya Seberang, Kecamatan Seranau, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, satu tempat sosialisasi tentang larangan mudik Lebaran. (BANJARMASINPOST.CO.ID/FATURAHMAN)

Meskipun larangan mudik diberlakukan, tapi ada perjalanan yang dibolehkan saat periode tersebut.

Dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021, memang disebutkan peniadaan mudik dilakukan untuk segala moda transportasi.

Baik itu transportasi darat, kereta api, laut dan udara lintas kota, kabupaten, provinsi, negara, sebagai upaya pengendalian mobilitas selama Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Namun terdapat perjalanan yang pengecualian, yakni:

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved