Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Jelang PSU Pilwali Banjarmasin, Paslon AnandaMu akan Diberi Peringatan Tertulis

KPU Banjarmasin telah menerima rekomendasi dari Bawaslu untuk beri teguran tertulis ke AnandaMu yang melakukan kampanye jelang PSU Pilwali Banjarmasin

BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Heri Wijaya, Komisioner KPU Kota Banjarmasin. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sanksi berupa teguran tertulis akan diberikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin kepada pasangan calon (paslon) Wali Kota-Wali Kota Banjarmasin 2020 nomor urut 04 yakni Hj Ananda-H Mushaffa Zakir (AnandaMu) bersama timnya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banjarmasin telah mengirim surat rekomendasi kepada KPU Banjarmasin terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan tim AnandaMu.

Hal ini karena tim AnandaMu diduga melakukan pelanggaran administratif, yakni melakukan aktivitas kampanye menjelang pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang atau PSU Pilwali Banjarmasin yang akan dilaksanakan 28 April 2021.

Menindaklanjuti rekomendasi tersebut, KPU Banjarmasin pun melakukan pleno beberapa hari yang lalu. Hasilnya, memberi teguran tertulis kepada paslon maupun tim AnandaMu.

Baca juga: Anggap Pelanggaran PSU, Ibu Rumah Tangga di Banjarmasin Barat Laporkan ini ke Bawaslu Kalsel

Baca juga: Pilkada Kalsel 2020, Partisipasi Pemilih Rendah Jadi Momok di PSU Pilwali Banjarmasin

"Sesuai rekomendasi dari Bawaslu Banjarmasin terkait pelanggaran administrasi akan diberikan teguran, dan kita akan memberikan peringatan tertulis ke paslon dan timnya agar tidak lagi melakukan kampanye karena di PSU tidak ada kampanye dan KPU pun tidak memfasilitasi," ujar Komisioner KPU Banjarmasin, Heri Wijaya, Sabtu (10/4/2021) sore.

Meskipun demikian, Heri menerangkan, teguran tertulis yang ditujukan ke paslon AnandaMu dan timnya tersebut belum dikirim.

"Secepatnya akan kami sampaikan. Sesuai aturan, maksimal tujuh hari setelah surat fisik dari Bawaslu Banjarmasin kami terima, sudah harus kami sampaikan," jelasnya.

Pihak KPU Banjarmasin telah menerima surat fisik rekomendasi dari Bawaslu Banjarmasin saat Rabu (7/4/2021).

Baca juga: KPU Kantongi 2.000 Surat Suara untuk PSU Pilwali Banjarmasin 2020

Baca juga: Bawaslu Banjarmasin Putuskan Dugaan Pelanggaran Paslon AnandaMu Jelang PSU, ini Hasilnya

Berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) RI, Pilwali Banjarmasin 2020 harus dilakukan PSU khususnya di tiga kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan, yakni Kelurahan Mantuil, Kelurahan Murung Raya dan juga Kelurahan Basirih Selatan.

Dan menjelang PSU tersebut, masing-masing paslon dilarang melakukan aktivitas berunsur kampanye. Terlebih di daerah PSU.

Peserta Pilwali Banjarmasin 2020 ada empat, yakni Haris Makkie-Ilham Nor (nomor urut 01), H Ibnu Sina-Arifin Noor (nomor urut 02), Khairul Saleh-Habib Ali (nomor urut 03) dan Hj Ananda-Mushaffa Zakir (nomor urut 04)

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved