Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Pilkada Kalsel 2020, Partisipasi Pemilih Rendah Jadi Momok di PSU Pilwali Banjarmasin

Pilkada Kalsel 2020, Rendahnya tingkat partisipasi masyarakat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) sepertinya masih akan menjadi momok yang akan di

Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
Pilkada Kalsel 2020, Suasana sosialisasi PSU di Aula Kecamatan Banjarmasin Selatan oleh KPU Banjarmasin. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pilkada Kalsel 2020, Rendahnya tingkat partisipasi masyarakat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) sepertinya masih akan menjadi momok yang akan dihadapi dalam penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada (Pilwali) Banjarmasin 2020 yang akan dilaksanakan di tiga kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan yang rencananya digelar 28 April 2021.

PSU Pilwali Banjarmasin sendiri akan dilaksanakan di tiga kelurahan yakni Mantuil, Murung Raya dan juga Basirih Selatan.

Dan pada Pilwali Banjarmasin 2020 yang dilaksanakan 9 Desember 2021 lalu, partisipasi pemilih hanya sekitar 50-56 persen saja. Bahkan di kelurahan Mantuil hanya sekitar 45 persen saja.

Apalagi seperti diketahui penyelenggaraan PSU Pilwali Banjarmasin pun sudah memasuki bulan suci ramadan.

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, Bawaslu Tapin Keluarkan Surat Larangan Kampanye ke Tim Pemenangan Paslon

Baca juga: Datangi Kantor Kesbangpol Kalsel, KAMMI Bahas Radikalisme Hingga PSU

Baca juga: KPU Kantongi 2.000 Surat Suara untuk PSU Pilwali Banjarmasin 2020

Baca juga: Bawaslu Banjarmasin Putuskan Dugaan Pelanggaran Paslon AnandaMu Jelang PSU, ini Hasilnya

Dan menjelang PSU tersebut, hari ini Jumat (9/4/2021) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin menggelar sosialisasi khususnya untuk Kelurahan Mantuil dengan mengambil tempat di Aula Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut, para ketua RT, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan hingga para pemilih.

Salah seorang Ketua RT yang hadir yakni H Johansyah mengakui peran dari para Ketua RT untuk mensukseskan PSU dengan meningkatkan partisipasi pemilih tidaklah mudah.

Meskipun sebagian besar warganya telah mengetahui PSU, namun menurutnya perangkat RT bersama Dewan Kelurahan terus berupaya agar partisipasi pemilih bisa meningkat dibanding Pilwali 2020 lalu.

"Dari KPU sudah disosialisasikan kepada RT dan tokoh masyarakat. Sekarang tugas kami mensosialisasikan lagi ke masyarakat agar 28 April nanti turun ke TPS. Sosialisasi ini boleh dibilang cukup berat mengingat sisa waktu yang tidak banyak ditambah RT tidak ada anggaran untuk sosialisasi mengumpulkan warga," ujar Ketua RT 07 Kelurahan Mantuil ini.

Halaman
12
Penulis: Frans Rumbon
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved