Breaking News:

Berita Kotawaringin Timur

Enam Residivis Spesialis Pencurian Sarang Burung Walet Kotim Dibekuk

Sebanyak enam orang pelaku pencurian sarang burung walet di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, ditangkap polisi.

banjarmasinpost.co.id / faturahman
Pelaku spesialis maling sarang walet di Kotawaringin Timur, Sampit, Kalteng saat dibekuk polisi 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, SAMPIT - Sebanyak enam orang pelaku pencurian sarang burung walet di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, ditangkap polisi.

Para pelaku ternyata adalah residivis yang baru keluar penjara dalam kasus yang sama mencuri sarang burung walet di rumah walet orang lain.

Dalam melakukan aksi pencurian dengan cara masuk ke rumah penangkaran sarang burung walet, ternyata kawanan maling yang berasal dari Kotim, Palangkaraya, Kalbar dan Lombok ini menggunakan senjata api rakitan.

Tujuannya, untuk menakut-nakuti korban jika pemilik rumah penangkaran sarang burung walet nya dicuri ini mengetahui aksi mereka.

Baca juga: VIDEO Pemko Palangkaraya Mendulang Pajak dari Usaha Sarang Burung Walet

Baca juga: Kontribusi Pajak Sarang Burung Walet Makin Besar Tingkatkan PAD Palangkaraya

Baca juga: PAD Kabupaten Tapin Sektor Sarang Burung Walet Tak Capai Target, BPD Tapin Gandeng KPP Pratama

Baca juga: Kawasan Pertokoan Pasar Sampit Kalteng Banyak Bermunculan Bangunan Sarang Burung Walet

Kawanan maling sarang burung walet yang tertangkap tersebut antara lain, Andi Askomar tertangkap di TKP, Sanio ditangkap di Desa Bapanggang, Rusman alias lombok ditangkap di barak Jalan Sumekto, Iwan (pemilik senpi rakitan), Yadi tertangkap di Palangkaraya, Catur Prasetyo juga tergangkap di Palangkaraya saat bersama Yadi.

Kapolres Kotim, AKBP Abdoel Harris Jakin dalam jumpa pers, kasus pencurian sarang burung walet tersebut, Rabu (14/4/2021) mengungkapkan, semua pelaku adalah residivis yang baru saja keluar dari penjara setelah melakukan tindakan yang sama mencuri sarang burung waler dalam rumah walet milik warga.

"Mereka tertangkap saat terakhir beraksi di rumah walet milik Ikhsan Adi Pratama dengan TKP Rumah Walet di Jalan Lenggana nomor 01 Kelurahan Pasir Putih Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Sampit, Kotim, saat kejadian lima pelaku kabur tertinggal Andi tertangkap oleh pemilik bangunan rumah walet," ijarnya.

Menurut Kapolres, dari satu tersangka yang tertangkap kemudian pelaku lainnya juga tertangkap, ada yang tertangkap di Kotim ada juga yang tertangkap di Papangkaraya."Semuanya sudah tertangkap, barang bukti pistol revolver diamankan di rumah Iwan yang menyewa di barak di Jalan Sumekto," ujarnya.

"Kami masih kembangkan lagi kasus ini, termasuk untuk menelisik kepemilikan senjata rakitan saat penangkapan tersangka Iwan, siapa pembuatnya atau dapat dari mana dia. Kami minta warga yang merasa selama ini ada rumah waletnya dibobol maling silakan lapor kami," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id / faturahman).

Penulis: Fathurahman
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved