Breaking News:

Berita Kalteng

Hindari Hoaks, Kadiskominfosantik Kalteng Imbau Warganet Teliti Informasi di Medsos

Truk dilempar batu di Kabupaten Kotim terlanjur beredar sebagai aksi pemalakan, padahal hoaks. Kadiskominfosantik Kalteng minta warga bijak bermedsos.

BANJARMASINPOST.CO.ID/FATURAHMAN
Kepala Dinas Komunikasi , Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah, Agus Siswadi. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Penyebaran informasi hoaks atau informasi yang tidak jelas kebenarannya, masih sering muncul melalui media sosial.

Sering pula, membuat warga resah karena informasi yang dibagikan melalui status di media sosial ( Medsos )  belum jelas kebenarannya.

Kasus yang baru-baru ini terjadi adalah video berdurasi 18 detik yang dikabarkan sebagai aksi pemalakan terhadap sopir truk jasa ekspedisi di Jalan Trans Kalimantan, Desa Bukitbatu, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah.

Ternyata, itu merupakan informasi tidak benar. Karena, akibat kesalahpahaman yang terjadi antara sopir truk dengan pesepeda motor.

Baca juga: Para Pelaku Video Hoax Pemalakan di Jalan Trans Kalimantan Sampit-Palangkaraya Berdamai

Kepala Dinas Komunikasi , Informatika, Persandian dan Statistik ( Diskominfosantik Kalteng ), Agus Siswadi, Kamis (15/4/2021), meminta warganet atau pengguna media sosial agar benar-benar teliti dan hati-hati dalam mengambil atau menerima informasi melalui media sosial, karena penyebaran hoaks masih terjadi.

Dia mengatakan, penyebaran hoaks atau informasi maupun berita hoaks yang disebarkan saat ini jika tidak jeli malah susah dideteksi.

"Pengamatan saya selama ini kecendrungan masyarakat atau pengguna medsos lebih aktif membagikannya daripada mencari kebenaran informasi tersebut," ujarnya.

Dikatakan mantan penyiar televisi di Kalteng ini, jika tidak hati-hati atau tidak diteliti secara mendalam kebenaran informasinya, warganet sering langsung membagikanya juga.

Baca juga: Insiden Pelemparan Truk Ekspedisi di Poros Palangkaraya-Sampit Kalteng, Pelaku Pelajar SMA

Baca juga: Viral di Medsos, Diduga Pemalak Angkutan Barang Sampit- Palangkaraya Desa Pundu, Diamankan Polisi

"Sehingga, jadi penyebar informasi bohong. Jadi, ini yang harus hati-hati dan dicermati lagi sebelum mebagikannya kepada pihak lain," imbaunya.

(Banjarmasinpost.co.id/Faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved