Breaking News:

Berita Banjarbaru

Pimpin Musrenbang RKPD 2022, Pj Gubernur Sebut 6 Prioritas ini, No Enam Jadi Perhatian

PJ Gubernur Kalsel Safrizal ZA saat memimpin rapat musrenbang RKPD 2022 menyebut 6 prioritas pembangunan.

BIRO ADPIM SETDAPROV KALSEL
Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Fokus pembangunan 2022 di Kalsel diarahkan ke peningkatan sumber daya manusia (SDM), Ekonomi, lingkungan serta penanganan Covid 19.

PJ Gubernur Kalsel Safrizal ZA mengatakan, pembangunan 2022 diarahkan ke peningkatan SDM, ekonomi, lingkungan pencegahan bencana banjir karhutla serta penanganan Covid 19.

"Demi mewujudkan perencanaan pembangunan tersebut terdapat enam prioritas diantaranya yang harus diperhatikan,"kata Safrizal, Jumat (23/4/2021).

Pertama, peningkatan SDM dengan perlunya mendorong sektor pendidikan untuk meningkatkan angka rata-rata lama sekolah, peningkatan kepemudaan serta peningkatan pelatihan kerja. 

Baca juga: Pimpin Musrembang RKPD 2022 Wali Kota Banjarbaru Ingin Wujudkan Banjarbaru Juara

Baca juga: Minta Disiplin Prokes di Masjid Selama Ramadan 2021, Safrizal Kerahkan Kader BKPRMI Kalsel

Kedua hilirisasi industri, pertanian dan pariwisata, dengan menarik investasi seluas luasnya pembangunan industri turunan berbasis komoditas unggulan seperti batubara. CPO, karet, kayu lapis.

"Selain itu mendorong pariwisata berbasis alam, wisata religi dan pengembangan geopark, yang sedang kita tata Geopark Meratus menjadi Geopark Internasional," ujarnya.

Ketiga, perlunya memperkuat sarana prasarana dan perekonomian melalui peningkatan infrastruktur dasar yang terintegrasi. Terutama pembangunan sarana air minum, penanganan sampah dan perumahan. 

Keempat, kualitas lingkungan hidup juga perlu ditingkatkan dengan memperkuat migitasi ketahanan bencana terutama menghadapi karhutla dan banjir. 

Kelima, peningkatan tata kelola pemerintahan, penguatan reformasi birokrasi terutama pelayanan kepada masyarakat. 

Keenam, pengembangan Kalsel sebagai gerbang food estate dan ibukota negara (IKN). 

"Kalsel harus mampu mengembangkan sebagai lumbung pangan bagi IKN dan membuka konektivitas menuju Food Estate," katanya.

Dikatakan pria kelahiran Banda Aceh ini, Pemprov Kalsel menargetkan lima indikator makro dalam RKPD 2022 yaitu pertumbuhan ekonomi sebesar 4,0 persen hingga 4,5 persen indeks pembangunan manusia (IPM) sebesar 71,2 persen hingga  72,6 persen.

Baca juga: Pj Gubernur Kalsel Pantau Vaksinasi Covid-19 Tenaga Pendidik di HSS

Kemudian, tingkat kemiskinan menurun dikisaran 4,1 persen hingga 4,2 persen, sementara tingkat pengangguran terbuka turun dikisaran 4,1 persen hingga 4,5 persen dan gini rasio sebesar 0,330.

Semua target tersebut diharapkan tercapai dengan catatan dapat mengendalikan pandemi covid 19 pada tahun 2021 ini.

"Yang utama pengendalian Covid 19 tahun ini dulu, baru kita target kita di 2022 bisa dilaksanakan," tutupnya. (Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved