BLT UMKM 2021

BLT UMKM April 2021, Pendaftaran di oss.go.id dan Cek Penerima di eform.bri.co.id

Untuk membantu pengusaha mikro kecil dan menengah ( UMKM), pemerintah memperpanjang bantuan produktif usaha mikro ( BPUM) UMKM 2021 alias BLT UMKM

Foto Disdagperinkop Kapuas
Pelayanan kepada pelaku UMKM di Kantor Disdagperinkop dan UKM Kapuas.BLT UMKM April 2021, Pendaftaran di oss.go.id dan Cek Penerima di eform.bri.co.id 

Editor : Anjar Wulandari

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pandemi covid-19 masih belum hilang dari nusantara. Dampak yang ditimbulkan pandemi ini tidak hanya masalah kesehatan, tapi juga mempengaruhi sektor ekonomi mikro hingga besar.

Untuk membantu pengusaha mikro kecil dan menengah ( UMKM), pemerintah memperpanjang bantuan produktif usaha mikro ( BPUM) UMKM 2021 alias BLT UMKM 2021.

Pelaku usaha mikro sudah bisa mulai melakukan pendaftaran mulai 4 April 2021.

Pengajuan usulan baru calon penerima BPUM UMKM ini sudah mulai dapat diakses dan diajukan ke dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM Kabupaten/Kota.

Baca juga: Anda Penerima BLT UMKM 2021? Segera Cek di eform.bri.co.id/bpum atau banpresbpum.id

Baca juga: Selain THR, Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

Adapun proses penyalurannya didasarkan pada PERMENKUKM Nomor 2 Tahun 2021.

Diketahui pada pasal 3 PermenKUKM Nomor 2 Tahun 2021 berbunyi sebagai berikut, (1) BPUM diberikan dalam bentuk uang sejumlah Rp1.200.000,00 (satu juta dua ratus ribu rupiah) secara sekaligus untuk pelaku Usaha Mikro yang memenuhi Kriteria tertentu. (2) Dana BPUM sebagaimana dimaksud di ayat (1) disalurkan langsung ke rekening penerima BPUM.

Bantuan UMKM ini diberikan kepada warga yang belum pernah menerima dana BPUM dan telah menerima dana BPUM tahun anggaran sebelumnya serta tidak sedang menerima KUR.

Bank Indonesia Perwakilan Kalteng, terus mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tetap tumbuh selama Pandemi Covid-19 untuk menumbuhkan prekonomian Kalteng.
Ilustrasi UMKM. (banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Untuk pendaftaran secara online, pengusaha UMKM bisa mengakses oss.go.id untuk perizinan.

Sementara itu untuk mengecek penerima BLT UMKM ini cukup klik eform.bri.co.id.

Tampilan depan website oss.go.id. Jika usaha UMKM ingin memiliki legalitas, maka bisa mengajukan Permohonan Perizinan Berusaha Perseorangan (Skala Mikro dan Kecil). (website oss.go.id)

Sekadar diketahui, pemerintah melanjutkan Banpres Usaha Mikro (BPUM) UMKM alias BLT UMKM di April 2021. di tahun 2021 dengan total anggaran sebesar Rp 15,36 triliun untuk 12,8 juta pelaku usaha mikro.

Untuk mendapatkan bantuan BLT UMKM Rp 1,2 juta ini, UMKM harus memiliki izin dan diusulkan Dinas Koperasi dan UKM di kabupaten/kota.

Syarat untuk mendapatkan bantuan ini, UMKM harus menunjukkan surat keterangan usaha dan tidak sedang mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved