Breaking News:

Bansos Kemensos 2021

Bansos Kemensos Bulan Mei 2021 Dirapel Dua Bulan, Cek Daftar Penerima di cekbansos.kemensos.go.id

Beda dengan sebelumnya, penerima bantuan sosial (bansos) pada bulan Mei 2021 akan mendapatkan lebih besar dari biasanya.

Editor: M.Risman Noor
tangkap layar Youtube Sekretariat Presiden
Menteri Sosial Tri Rismahari menyebut akan merealisasikan bansos mulai 4 Januari 2021, melarang masyarakat membelanjakan rokok. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Beda dengan sebelumnya, penerima bantuan sosial (bansos) pada bulan Mei 2021 akan mendapatkan lebih besar dari biasanya.

Bantuan dari kementerian sosial ini rencananya akan dicairkan pemerintah langsung dua bulan hingga Juni 2021. Pencairan dirapel dua bulan sekaligus.

Pencairan akan dilakukan sebelum Idul Fitri 2021 dan untuk mengecek daftar penerima bansos di link cekbansos.kemensos.go.id.

Pencairan bansos yang berdekatan dengan penyaluran tunjangan hari raya (THR) ini bertujuan untuk menggenjot daya beli dan konsumsi masyarakat saat Lebaran.

Baca juga: Menpan RB Tjahjo Kumolo Pastikan Honorer Tak Dapat THR, Ini Alasannya

Baca juga: Cara Mendapatkan Subsidi Listrik Mei 2021, Maksimal Diskon 50 Persen

"Kami mempercepat penyaluran bantuan sosial untuk PKH, BPNT, BLT Dana Desa. Kita minta untuk segera dijalankan yang bulan ini (April) dan bulan depan (Mei) agar segera diterima masyarakat," ucap Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/4/2021).

Menko PMK Muhadjir Effendy di Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin (2/3/2020).
Menko PMK Muhadjir Effendy di Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin (2/3/2020). (KOMPAS.com/Dian Erika)

Hal senada juga diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam acara virtual yang digelar oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Selasa (20/4/2021).

"Dari Kementerian Sosial sudah ada koordinasi nanti akan dipercepat untuk mempercepat penyaluran bantuan-bantuan sosial itu pada awal Mei sehingga pada waktu Lebaran itu mereka-mereka yang kurang beruntung juga sudah bisa menikmati bantuan sosial," kata Muhadjir.

"Bahkan kemungkinan akan dirapel, Mei-Juni akan diberikan sekaligus gitu, agar kemudian bisa digunakan untuk merayakan Lebaran," tambah dia.

Link cek bansos

Sementara itu, Kementerian Sosial (Kemensos) juga terus memperbaharui data para penerima bantuan sosial. Adapun data para penerima bansos ini bisa dicek secara online melalui link cekbansos.kemensos.go.id.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved