Breaking News:

Berita Balangan

TPA Batu Merah Jadi Perhatian, Pengelola Maksimalkan Pengolahan Sampah dan Lahan

radaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Batu Merah, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan menjadi perhatian bagi Bupati Balangan, Abdul Hadi.

banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Bupati Balangan, Abdul Hadi mengunjungi TPA Batu Merah, Lampihong. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Batu Merah, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan menjadi perhatian bagi Bupati Balangan, Abdul Hadi. Ia bahkan secara langsung melakukan monitoring terhadap TPA tersebut, Rabu, (5/5/2021) kemarin.

Dihubungi terpisah, Kamis, (6/5/2021), Kepala UPT TPA Batu Merah, Halim Murasyid menerangkan, kunjungan orang nomor satu di Balangan itu untuk mengecek kondisi TPA. Alhasil, diketahui pula kebutuhan untuk pembangunan dan pemanfaatan lahan di TPA tersebut. Termasuk tentang infrastuktur apa yang harus diperhatikan.

Perbaikan drainase dan perluasan sel sampah ucap Rasyid menjadi perhatian penting untuk kelanjutan TPA. Mengingat saat ini lahan yang ada hanya cukup untuk lima tahun ke depan. Selain itu, pihaknya juga meminta agar mengundurkan bangunan pagar, sehingga truk angkutan sampah pun lebih mudah melintas.

"Saat ini kami memfaatkan fasilitas yang ada s

Baca juga: Lahan di Kota Banjarbaru Kembali Terbakar, BPBD Sebut dari Bakaran Sampah

Baca juga: Sampah di Eks Pasar Bauntung Banjarbaru Menggunung, Kabid Sampah : Bukan Tanggung Jawab Kami

Baca juga: Mahasiswa UMM Pasang Banyak Bak Sampah di Desa Polewali Marajae Kabupaten Tanbu

Baca juga: Masih Ada Warga Buang Sampah di TPS yang Sudah Ditutup DLH Kota Banjarmasin

ecara maksimal. Sementara untuk luasan lahan, lima tahun lagi akan penuh dengan sampah," jelas Rasyid.

Sebagaimana diketahui, sistem pengolahan sampah di TPA Batu Merah menggunakan metode landfill. Tentunya ini juga dianggap efektif untuk menghemat lahan dan limbahnya pun bisa diolah menjadi kompos.

Sedangkan untuk drainase ucap Rasyid ialah diperlukannya perbaikan atau pengolahan drainase baru. Terlebih sejauh ini apabila intensitas hujan sedang tinggi, maka TPA pun akan terdampak banjir.

Sebelumnya, tentang TPA Batu Merah, Bupati Balangan, Abdul Hadi menuturkan, agar pengelolaan TPA lebih diperhatikan lagi. Apalagi ini menyangkut tentang kebersihan dan kenyamanan lingkungan.

"Ke depan untuk pembangunan TPA, drainase dan juga kondisi rumah untuk petugas jaga nantinya akan dilakukan perbaikan," ucap Abdul Hadi.
(banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved