Breaking News:

Berita HSS

Lewati Pos Cek Poin Sungai Raya, 17 Pemudik Luar HSS Jalani Rapid Test Antigen

Sebanyak 17 pemudik yang melintasi pos cek poin di Sungai Raya HSS menjalani pemeriksaan rapid test antigen

Polres HSS untuk BPost
Petugas di pos cek poin Sungai Raya HSS melakukan Rapid Test Antigen pemudik dari luar HSS, Kamis (6/5/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pemeriksaan terhadap masyarakat pendatang yang melintas Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) tanpa dilengkapi surat izin keluar masuk dan pemeriksaan rapid test antigen terus dilakukan.

Dari arah Banjarmasin, pengguna jalan akan melintasi pos cek poin di depan Masjid Bani Azam Al Ahdal, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Kapolsek Sungai Raya, Ipda Oki Hermawan, mengatakan pengguna jalan yang melintas akan diperiksa surat izin keluar masuk dan juga hasil rapid antigen dengan hasil negatif.

Jika tak dapat menunjukan surat izin keluar masuk dan juga hasil rapid antigen. Maka akan dilakukan pemeriksaan rapid antigen secara acak.

"Di sana sudah  17 orang pengguna jalan yang diperiksa,"sebutnya.

Baca juga: Personel Posko Pengamanan Terpadu di Balangan Wajib Rapid Test Antigen

Baca juga: Penjualan Alat Rapid Test Ilegal Dibongkar Polda Jateng, Untung Diraih Rp 2,8 Miliar

Baca juga: Pos Check Point Balangan Dibuka, Rapid Test Antigen Pemudik dari Luar Daerah

Dari hasil pemeriksaan,  seluruhnya negatif. Jika positif, maka tidak diperkenankan melakukan perjalanan dan wajib isolasi mandiri maupun isolasi di fasilitas yang sudah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten HSS.

Dari hasil pemeriksaan data diri, bebernya, semuanya berasal dari luar Kabupaten HSS. Seperti dari Tanah Laut, Banjarbaru, Banjar, Balangan, hingga Jawa Tengah.

Sekadar diketahui, Polres Hulu Sungai Selatan menyiapkan tiga titik cek poin di perbatasan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.  Tak tanggung-tanggung cek poin tersebut bakal diberlakukan sejak 6 Mei hingga 17 Mei. 

Cek poin berada di tiga kecamatan perbatasan yakni Kecamatan Angkinang berbatasan dengan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kecamatan Loksado di jalur lintasan ke Batu Licin. Selain itu, cek poin juga digelar di Kecamatan Sungai Raya yang berbatasan dengan Kabupaten Tapin. 

Cek poin ini akan dijaga selama 24 jam penuh. Penjagaan menggunakan sistem sift. Yang terbagi menjadi dua atau tiga sift. 

Selain anggota Polri, rencananya cek poin juga akan dijaga oleh Satpol PP HSS, Dinas Kesehatan HSS, Dinas Perhubungan HSS. 

Baca juga: 7 Ribu Rapid Test Antigen Disiapkan, Melintas HSS Siap-Siap Diperiksa

Selain menjaga pemudik yang hendak lewat dari HSS maupun yang hendak ke HSS atau sekedar melintas HSS, pihaknya juga menyediakan rapid tes antigen bagi pemudik.

Total ada 7 ribu rapid tes yang disiapkan. Rapid tes ini yang akan digunakan untuk memeriksa pengguna jalan secara random atau acak. (banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved