Breaking News:

Berita Banjarmasin

KPID Kalsel Pastikan Proses Seleksi Berjalan Sesuai Aturan

KPID Kalsel melaksanakan seleksi calon angggota menggunakan CAT google form, jawaban tersimpan dalam komputer dan diawasi DPRD Kalsel.

Penulis: Milna Sari
Editor: Alpri Widianjono
MC KALSEL UNTUK BPOST GROUP
Seleksi calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalimantan Selatan 2021. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalimantan Selatan memberikan penjelasan terkait kritik terkait seleksi yang sedang diselenggarakannya.

Sebelum ini, lima peserta seleksi calon anggota kpid kalsel mengirim surat berisi kritik. Bahkan menilai maladministrasi.

Melalui juru bicara KPID Kalsel, A Saufi, Sabtu (8/5/2021), menjelaskan, pelaksanaan tes tertulis dilaksanakan melalui Computer Assisted Test (CAT), yakni suatu metode tes dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi. 

Aplikasi yang bisa digunakan untuk CAT antara lain moddle, google form, monkey assesment questions (MAQ), cognito forms, HubSpot Form Builder. 

Baca juga: Tim Seleksi KPID Kalsel Bakal Balas Surat Keberatan Calon Anggota

Berdasarkan hasil rapat tim seleksi, telah disepakati aplikasi yang digunakan untuk pelaksanaan tes tertulis atau CAT menggunakan aplikasi google form.

Sebelum pelaksanaan tes tertulis atau CAT, peserta sudah diberitahukan petunjuk teknis pengerjaan soal tes tertulis menggunakan google form.

Sistem tes dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) tidak bisa direkayasa, sebab sistem komputer tersebut memeriksa jawaban peserta dan menginput nilai/skor. 

"Oleh sebab itu, walaupun nilai/skor tidak muncul di layar monitor peserta tes sesudah jawaban dikirim, nilai/skor yang diperoleh masing-masing peserta tetap terekam oleh sistem dan tidak berubah," tandas Saufi,

Baca juga: Nilai Ada Maladministrasi, 5 Peserta Seleksi Anggota KPID Kalsel Minta Tes Diulang

Pengumuman hasil tes tertulis telah dilakukan sesuai jadwal yang ditetapkan tim seleksi sebelumnya, setelah melalui tahapan rapat timsel pada 4 Mei 2021 dan proses persiapan pengumuman yang dibantu tim sekretariat.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved