Breaking News:

Serambi Mekkah

Program PAKULIH ANAM Diluncurkan, Warga Banjar Tak Bolak-balik Lagi Urus Dokumen Pernikahan

Pemerintah Kabupaten Banjar melakukan kerjasama MoU dengan Kemenag Banjar dalam program Pian Nikah Kulihan Anam Dokumen (PAKULIH ANAM)

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Hari Widodo
MC Pemkab Banjar
Bupati Banjar Saidi Mansyur saksikan Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Noor Fahmi teken MoU program Pakulih Anam di Mahligai Sultan Adam Martapura, Kamis (20/5/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pemerintah Kabupaten Banjar terus berupaya untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakatnya.

Diantaraya adalah Pemerintah Kabupaten Banjar melakukan kerjasama MoU dengan Kementerian Agama Kabupaten Banjar dalam program Pian Nikah Kulihan Anam Dokumen (PAKULIH ANAM)

Inovasi pelayanan publik itu disampaikan Bupati Banjar H Saidi Mansyur seusai penandatangan MoU dengan Kepala Kemenag Kabupaten Banjar, H Najwan Noor di Mahligai Sultan Adam, Martapura, Kamis (20/5/2021).

Melalui kerjasama ini, masyarakat yang akan melangsungkan pernikahan dalam hal urusan dokumen pernikahan, tidak perlu bolak balik lagi urus dokumen.

"Melalui inovasi ini hanya mengurus pada KUA, selain buku nikah dokumen kependudukan juga didapatkan," kata Saidi Mansyur. 

Bupati Banjar Saidi Mansyur berfoto bersama usai teken Mou Pakulih Anam di Mahligai Sultan Adam Martapura.
Bupati Banjar Saidi Mansyur berfoto bersama usai teken Mou Pakulih Anam di Mahligai Sultan Adam Martapura. (MC Pemkab Banjar)

Bupati Banjar Saidi Mansyur  berharap terkait inovasi PAKULIH ANAM, bukan hanya manfaat yang didapatkan masyarakat.

Dalam rangka mewujudkan Kabupaten Banjar yang Maju Mandiri Agamis (MANIS).

"Tetapi juga terdapat keberkahan untuk pasangan suami istri tersebut," kata suami Hj Nurgita Tiyas ini.

Adapun inovasi yang didapat dari PAKULIH ANAM diantaranya, KTP pengantin laki-laki, KTP pengantin wanita, KK pengantin, KK orang tua dari pengantin laki-laki, KK orang tua dari pengantin wanita dan buku nikah.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan, H Noor Fahmi menyambut baik dengan adanya inovasi PAKULIH ANAM ini, dimana Kabupaten Banjar pertama kali yang melakukan inovasi mempermudah urusan dokumen pernikahan ini.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur menyerahkan Pakulih Anam kepada pasangan pengantin baru di Mahligai Sultan Adam Martapura, Kamis (20/5/2021).
Bupati Banjar H Saidi Mansyur menyerahkan Pakulih Anam kepada pasangan pengantin baru di Mahligai Sultan Adam Martapura, Kamis (20/5/2021). (MC Pemkab Banjar)

"Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Banjar yang telah mengadakan, dalam hal membantu masyarakat untuk mempermudah urusan dokumen. Enam kemudahan langsung didapat yang biasanya bolak-balik ke Disdukcapil," katanya. 

Noor Fahmi berpesan inovasi PAKULIH ANAM juga disosialisasikan oleh penyuluh agama di desa-desa pada masyarakat Kabupaten Banjar.

Turut hadir dalam acara MoU tersebut, Wakil Bupati Banjar H Said Idrus Al Habsyie, Kepala Kemenag Kabupaten Banjar Najwan Noor, Plt Asisten Perekonomian Pembangunan Setda Banjar Ikwansyah, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Banjar Azwar.

Bupati Banjar Saidi Mansyur beri sambutan dan apresiasi terhadap program inovasi layanan dokumen sekaligus bagi pengantin baru bernama Pakulih Anam, Kamis (20/5/2021).
Bupati Banjar Saidi Mansyur beri sambutan dan apresiasi terhadap program inovasi layanan dokumen sekaligus bagi pengantin baru bernama Pakulih Anam, Kamis (20/5/2021). (MC Pemkab Banjar)

(AOL/*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved