Breaking News:

Kriminalitas Kalsel

Narkoba Kalsel, 8 Kilogram Lebih Barang Bukti Sabu Dimusnahkan BNNP Kalsel, Pelaku Turut Menyaksikan

AW (38) tertunduk menyaksikan barang bukti sabu yang membuatnya harus berurusan dengan hukum dimusnahkan BNNP Kalsel.

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Pemusnahan barang bukti TP peredaran gelap narkotika digelar oleh BNNP Kalsel bersama perwakilan Kejaksaan, Kepolisian dan Balai Besar POM di Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mengenakan baju tahanan biru dan tangan diborgol, pelaku tindak pidana peredaran gelap narkotika berinisial AW (38) hanya tertunduk saat menyaksikan barang bukti sabu yang membuatnya harus berurusan dengan hukum dimusnahkan.

Total sebanyak 8.069 gram atau 8 kilogram lebih sabu dimusnahkan dalam kegiatan Pemusnahan Barang Bukti yang dilaksanakan oleh Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Kalsel di Kantornya Jalan DI Pandjaitan, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalsel, Kamis (24/6/2021).

Lalu ada sebagian kecil dari barang bukti narkotika tersebut yaitu 0,00526 gram digunakan untuk pengujian laboratorium dan 0,5 gram digunakan sebagai pembuktian di persidangan.

Narkotika golongan 1 jenis sabu yang dimusnahkan ini merupakan barang bukti hasil sitaan BNNP Kalsel saat pengungkapan tindak pidana peredaran gelap narkotika dengan tersangka AW pada Jumat (11/6/2021).

Baca juga: Pembatalan Haji Berdampak pada Kerugian Kaltrabu Banjarmasin Rp 4 Miliar

Baca juga: Narkoba Kalsel : Warga Desa Kota Raja HSU Diamankan Polisi Kedapatan Bawa Sabu

Dilaksanakan bersama stakeholder perwakilan dari Kejaksaan, Kepolisian dan Balai Besar POM di Banjarmasin, pemusnahan barang bukti sabu dilakukan dengan cara dilarutkan dengan air lalu diblender.

Sabu yang tadinya berbentuk kristal putih dan serpihan tipis seketika larut dengan air dan menjadi cairan berwarna putih susu saat diblender.

Kepala BNNP Kalsel, Brigjen Pol Jackson Lapalonga mengatakan, pemusnahan barang bukti narkotika dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban BNNP Kalsel kepada masyarakat dalam penindakan tindak pidana penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

"Pemusnahan ini wajib dilaksanakan sebagai bentuk pertanggungkawaban kami dalam penindakan tindak pidana narkotika. Bahwa barang bukti harus segera dimusnahkan selain sebagian kecil disisihkan sebagai bukti di proses persidangan," bebernya.

Baca juga: Ditemukan Tak Bernyawa di Kebun Sawit Tapin Tengah, Junaidi Izin ke Keluarga Berangkat Menjala Ikan

Baca juga: Bahayakan Pengguna Jalan, Lapak PKL di Bahu dan Badan Jalan Ditertibkan Satpol PP HSS

Diketahui saat pengungkapan kasus peredaran gelap narkotika tersebut, 8 kilogram lebih sabu ditemukan petugas disembunyikan oleh pelaku AW dalam sejumlah karung berisi beras sebagai modus pengelabuan.

Saat itu, tersangka AW diamankan saat berada di Jalan A Yani Kilometer 5 Kota Banjarmasin.

Saat dilakukan penggeledahan, petugas mendapati AW menguasai lima paket sabu seberat 4,78 kilogram yang disembunyikannya dalam dua karung berisi beras.

Setelah diakukan interogasi dan pengembangan, petugas kembali menemukan barang bukti tiga paket sabu seberat 3.3 kilogram yang juga disembunyikan AW dalam satu karung beras dan disimpan di kediamannya di Jalan Kelayan A, Gang Setuju, Kelurahan Kelayan Dalam, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved