Breaking News:

Berita Banjarmasin

Kapolda Kalsel: Tak Ada Pengamanan Khusus Sidang PHPU PSU Pilgub Kalsel Oleh MK

Hasil final atas perselisihan rekapitulasi pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Kalsel masih menunggu proses dan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Rep

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Edi Nugroho
Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody
Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Hasil final atas perselisihan rekapitulasi pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Kalsel masih menunggu proses dan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia (RI).

Meskipun, sidang beragendakan pemeriksaan awal yang rencananya digelar pada Senin (5/7/2021) ditunda karena penerapan PPKM Darurat di Jawa-Bali.

Terkait proses yang masih berlangsung di MK, Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto mengimbau seluruh masyarakat Kalsel khususnya para tim pemenangan, tim sukses dan simpatisan kedua Paslon untuk tenang menunggu keputusan MK.

Ia menilai setelah dilaksanakannya PSU Pilgub Kalsel, tugas masing-masing tim pemenangan dan tim sukses kedua Paslon sudah selesai.

Baca juga: Pelaksanaan PSU di Binuang Usai, Laskar Macan Asia (LMA) Tapin Sebar Puluhan Spanduk

Baca juga: Denny Indrayana Gugat Hasil PSU Pilgub Kalsel 2020 ke MK, KPU Tunda Penetapan

Baca juga: Resmi Denny Indrayana Kembali Gugat Hasil PSU Pilgub Kalsel 2020 ke MK

Baca juga: Partisipasi Pemilih di PSU Pilgub Kalsel 2020 Kecamatan Banjarmasin Selatan Meningkat 10 Persen

"Siapapun, tim pemenangan, tim sukses, relawan 01 dan 02 sudah melaksanakan tugasnya. Sekarang tugasnya MK yang dikedepankan. Jadi tidak perlu lagi terlalu heboh, kita bekerja saja, bermasyarakat yang baik saja dan kita serahkan ke MK memutuskan yang terbaik," kata Irjen Pol Rikwanto.

Kapolda Kalsel meyakini, MK akan bekerja dengan proporsional dan profesional dalam membuat putusan atas perkara perselisihan tersebut.

Ia juga mengatakan, tidak ada rencana untuk mengerahkan pasukan pengamanan secara khusus terkait pelaksanaan sidang perselisihan hasil PSU Pilgub Kalsel.

"Tidak ada penurunan personel yang khusus, kita hanya patroli. Sidang MK itu di Jakarta dalam kaitan pelaksanaan PSU kemarin," tegas Kapolda.

Pengerahan pasukan kata dia tentu dikaitkan dengan informasi serta situasi yang berkembang dan hingga saat ini menurutnya situasi dan kondisi kondusif.

Dari aspek keamanan, Polda Kalsel menurutnya terus melakukan pengawalan sejak pelaksanaan Pilgub hingga PSU Pilgub Kalsel.

Kolaborasi antara penyelenggara yaitu KPU dan Bawaslu serta Sentra Gakkumdu dinilainya berjalan baik.

"Ada hal-hal yang kira-kira terkait pidana pemilu atau pidana umum kita langsung tanggapi tegas, diproses dan diselesaikan. Jadi tidak sampai berkembang jadi isu negatif atau berkembang jadi rasa tidak percaya dan akhirnya kondusif," terang Kapolda. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved