Breaking News:

Kampusiana

Bikin Haru, Lima Mahasiswi UIN Antasari Banjarmasin Ini Jalani Wisuda di Rumah Sang Dosen

Lima mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin menjalani prosesi wisuda secara online di rumah sang dosen

Penulis: Syaiful Anwar | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/syaiful anwar
Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi  UIN Antasari, Dr H Mukhyar Sani, MA melakukan prosesi wisuda secara online lima mahasiswinya, Rabu (15/9/2021). 

BANJARMASIN POST.CO.ID - Butiran air turun air mata Sri Sapri Wahyuni (Palembang), Silviana Ayu Mariyah (Banjarmasin), Inna Asmaul Husna (Palembang), Cindi Riski Febrianti (Palembang) dan Widia Rahmah (Kalteng) yang mengikuti wisuda sarjana ke-71 Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, Kalsel.

Kelima sarjana UIN ini mengikuti wisuda online di rumah sang dosen Dr H Mukhyar Sani, MA di Jalan Prona 1 RT 10 Kompleks Bumi jaya Banjarmasin, Rabu (15/9/2021).

Rasa haru kelimanya mengingat telah menyelesaikan kuliah Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Program Khusus Dai Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Antasari.

"Biasanya prosesi wisuda didampingi orangtua dan saudara. Kondisi pandemi, orangtua yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan tak bisa datang dan wisudanya secara online," papar Inna Asmaul Husna,, wisudawan asal Palembang ini.

Baca juga: Berlangsung Virtual, Work Shop PSGA LP2M UIN Antasari Banjarmasin Angkat Tema Ini

Baca juga: Kemenag RI Bolehkan PTKI Luar Jawa Bali PTM, UIN Antasari Lakukan Persiapan

Baca juga: Cewek Alumni UIN Antasari Ini Jago Bemadihin dan Nyanyi

Untungnya, lanjut dia, saat mengikuti prosesi wisuda dilaksanakan bersama lima temannya dan pemindahan tali toga dari kiri ke kanan oleh Ayahda, Mukhyar Sani yang juga dosennya di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Antasari disaksikan beberapa teman mahasiswi seasramanya.

"Walau pun wisudanya secara online, tapi terasa off line, karena dihadiri teman-teman satu asrama dan pemindahan tali toga oleh ayah Mukhyar," timpal rekannya Sri Sapri Wahyuni.

Rencananya, kata mahasiswi angkatan 2017 ini akan pulang ke Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu depan.

Wisuda program Doktor dan Magester ke-41 dan Sarjana ke-71 UIN Antasari di wakili lulusan terbaik Doktor, Magester dan Sarjana, sedangkan sisanya wisuda secara online di rumah masing-masing.

Mukhyar Sani mengatakan sebenarnya acara wisuda secara online diikuti 10 orang. Berhubung hari hujan, sehingga tak bisa datang. Jumlah wisuda sarjana ke-71 Fakultas Dakwah dan Fakultas Komunikasi sebanyak 95 orang.

"Kenapa wisuda online di rumah saya, karena semua mahasiswa saya dan mereka tinggal di asrama dekat rumah saya," papar Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Antasari periode tahun 2004-2012 ini.

Baca juga: Penghapusan Mural di Banjarmasin, Begini Respon Mahasiswa UIN Antasari

Selain itu, lanjut Mukhyar, selama menuntut ilmu di UIN, mereka juga belajar kitab kuning di rumahnya setiap malam Kamis selama tiga tahun.

Usai acara wisuda dilanjutkan rahmahtahmah dilanjutkan acara tahlillan mertua Mukhyar, Mursid bin Suni dan makan bersama dibacakan mahasiswi dan wisudawan.

"Tak hanya sekedar acara wisuda, juga tak lepas nuansa islaminya. (banjarmasin post.co.id/syaiful anwar)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved