Breaking News:

Berita Batola

Bantuan 16 M dari BNPB untuk Korban Banjir di Batola Dikucurkan, Begini Respons Warga

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Batola Hj Noormiliyani kepada warga yang mengalami kerusakan kediamannya, disaksikan kepala dinas

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri
Purnomo (kiri), warga Desa Tabing Rimbah yang menerima bantuan DSP dari BNPB guna rehabilitasi rumah akibat banjir Januari 2021 lalu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Bantuan stimulan dari BNPB untuk rumah rusak korban banjir di Kabupaten Barito Kuala mulai dikucurkan, Jumat (26/11/2021).

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Batola Hj Noormiliyani kepada warga yang mengalami kerusakan kediamannya, disaksikan kepala dinas terkait, serta masing-masing camat dan kades.

Disampaikan Sumarno, Kepala BPBD Batola, total jumlah bantuan ada 1.591 kk atau unit rumah dengan Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp16,21 miliar.

"Rinciannya sebanyak 1.571 rumah mengalami rusak ringan dan 25 rumah rusak sedang. Semuanya terdapat di empat kecamatan," ucap Sumarno.

Baca juga: Tingkatkan Aksesibilitas, Mobil Promkes Siap Sasar Kawasan Terpencil di Batola

Baca juga: Dukung Vaksinasi di Batola, BIN Habiskan 1.587 Dosis dalam Tiga Hari

Lebih rinci ia mengatakan, di Kecamatan Alalak terdapat 319 rumah untuk 9 desa, Kecamatan Mandastana 624 rumah untuk 12 desa, Kecamatan Jejangkit ada 633 rumah pada 6 desa dan di Kecamatan Cerbon sebanyak 15 rumah pada satu desa.

Adapun besaran bantuan stimulan rehabilitasi rumah ini sebesar Rp 10 juta untuk kategori rusak ringan dan Rp 25 juta untuk rusak sedang.

Di samping itu, Sumarno juga menyampaikan bahwa pencairan melalui rekening BRI masing-masing, bagi yang belum lengkap maka belum bisa menerima pencairan.

Secepatnya diminta mengurus untuk penyelesaiannya.

"Sejauh ini sudah ada 95 persen penerima sudah mengantongi rekening untuk pencairan non tunai," Imbuhnya.

Satu di antara beberapa perwakilan yang menerima secara simbolis, Purnomo, warga Desa Tabing Rimbah mengaku senang.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved