Breaking News:

Berita Banjarbaru

Belasan Petugas dan Warga Binaan Lapas Narkotika Karang Intan Banjar Tes Urine, Hasilnya Seperti ini

Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo mengungkapkan tes urine merupakan agenda rutin, yang selalu dilaksanakan

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Eka Dinayanti
istimewa
tes urine bertujuan agar petugas Lapas Karang Intan selalu terjaga dan bersih dari penyalahgunaan narkoba. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Belasan petugas dan warga binaan pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, dites urin.

Kegiatan tes urin dilakukan Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan di Aula Ruang Kunjungan, Jumat (26/11/2021).

Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda rutin, yang selalu dilaksanakan oleh Lapas Narkotika Karang Intan.

"Kegiatan ini rutin dilakukan, sebagai wujud komitmen Lapas Narkotika Karang Intan dalam upaya pelaksanakan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) bagi petugas dan warga binaan," ujarnya.

Baca juga: Sebanyak 140 Warga Binaan Lapas Karang Intan Kalsel Terima Sertifikat Pelatihan Kemandirian

Baca juga: Deteksi Dini HIV, Warga Binaan Lapas Narkotika Karang Intan Kalsel Jalani Pemeriksaan

Menurutnya, kegiatan tes urine bertujuan agar petugas Lapas Karang Intan selalu terjaga dan bersih dari penyalahgunaan narkoba.

"Semua petugas dan warga binaan yang mengikuti tes urine hari ini, hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, yakni negatif," katanya

Petugas Lapas yang mengikuti tes urin pada kesempatan tersebut, yakni mereka yang telah selesai melaksanakan tugas pengamanan pada pagi hari.

Sedangkan warga binaan yang dites urin urine, merupakan tamping pekerja yang memang sering membantu petugas di lapangan.

"Petugas yang bersih dari keterlibatan penyalahgunaan narkoba mendukung kinerja Lapas yang PASTI (professional, akuntabel, sinergi, transparan, inovatif) sehingga terwujud tertib Pemasyarakatan, petugas harus steril dari pengaruh narkoba sehingga menjadi teladan bagi warga binaan," harapnya.

Baca juga: BPBD Tabalong Terus Pantau Debit Sungai, Wilayah Utara dan Tengah Menurun, Selatan Ada Kenaikan

Baca juga: Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, Pemkab Tapin Bahas Tiga Poin Ini

Jika pada kegiatan ini ditemukan adanya petugas maupun warga binaan yang positif menggunakan narkoba, maka akan diproses sesuai aturan yang berlaku.

"Narkoba merupakan musuh bersama dan menjadi tanggungjawab bersama untuk mencegah dan memberantas," tutup Kalapas.

Sebelum petugas dan warga binaan mengikuti tes urin, terlebih dahulu dilakukan briefing bulanan yang disampaikan Rustam Efendi, Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan.

Secara umum kegiatan tes urin bagi petugas dan warga binaan Lapas Karang Intan berlangsung dengan tertib dan lancar tanpa kendala suatu apapun.

(banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved