Berita HSU

Program UHC Berlaku di HSU, BPJS Kesehatan Jadi Syarat Layanan Umum Tak Jadi Masalah

Program UHC yang kini telah berlaku di HSU membuat penerapan kebijakan BPJS Kesehatan jadi syarat layanan umum tak jadi masalah

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Hari Widodo
Audia Natasha Putri
Ilustrasi kartu BPJS Kesehatan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Kebijakan Pemerintah untuk menyertakan syarat kepersertaan BPJS Kesehatan dalam beberapa birokrasi tampaknya  tidak banyak  berpengaruh terhadap masyarakat di Kabupaten HSU, Kalsel. 

Mengingat untuk di Kabupaten HSU sudah melaksanakan program Universal Health Coverage (UHC) yang merupakan program untuk memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh kepada masyarakat.

Seluruh warga yang masih belum memiliki BPJS didaftarkan secara kolektif sebagai penerima bantuam iuran dari Pemerintah Daerah dengan kelas 3. 

Ruslina Kepala BPJS Kabupaten HSU mengatakan dengan adanya kebijakan mengenai menyertakan peserta BPJS sebagai beberapa syarat tidak membuat pembuatan BPJS mengalami kenaikan. 

Baca juga: Kini Jadi Syarat Sejumlah Layanan, Permohonan Kepesertaan BPJS Kesehatan di Tapin Tak Meningkat

Baca juga: Kartu BPJS Kesehatan Jadi Syarat Dapatkan Layanan Umum, Begini Respons Warga Banjarmasin

Baca juga: Jokowi Instruksikan Pelayanan Publik Lampirkan Keanggotan BPJS Kesehatan, Termasuk SIM dan STNK

"Memang masih ada yang membuat BPJS namun jumlahnya sama dengan biasanya, yaitu untuk bayi yang baru lahir karena sebagian besar sudah memiliki BPJS melalui program UHC," ungkapnya, Rabu (23/02/2022).

Deni salah satu warga Amuntai mengatakan dirinya sudah menjadi peserta BPJS sejak 2020 melalui pembuatan secara kolektif dari Desa Palampitan Hilir. 

Aparat desa meminta data yang kemudian diberi kartu BPJS untuk bisa digunakan.

"Karena penerima bantuan iuran saat membutuhkan pelayanan kesehatan di rumah sakit menggunakan kelas 3, tidak apa apa karena juga tidak membayar setiap bulannya," ungkapnya. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved