Ekonomi dan Bisnis

Puncak Mudik di Bandara Syamsudin Noor Kalsel Diperkirakan pada 30 April dan Arus Balik 7 Mei 2022

Stakeholder Relation Manager Bandara internasional Syamsudin Noor, Ahmad Zulfian Noor, puncak arus mudik 30 April 2022 dan arus balik pada 7 Mei 2022.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/NURHOLIS HUDA
Calon pemudik bersantai, sebelum masuk ruang keberangkatan, di Bandara Internasional Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (20/4/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Andi dan Aziz bersama 11 rekan lainnya memilih mudik lebih awal,  tujuan Surabaya, naik pesawat melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor, Kalimantan Selatan, Rabu (20/4/2022). 

Andi bilang pilihan Mudik Lebaran 2022 lebih awal karena takut macet dan terjebak di kepadatan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1443 H nanti. 

"Lagian, harga tiket pesawat tambah naik lagi. Ini saja kami beli Rp 1,2 juta per orang," kata dia yang mengaku akan terbang menggunakan pesawat Lion Air saat ditemui di bandara yang berada di Kota  Banjarbaru, Kalsel, tersebut.

Andi dan belasan rekannya adalah buruh bangunan dI RSUD Pambalah Batung, Kota Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Kerja di Kalsel sudah sekitar enam bulan.

"Kalau saya tunda lagi, bisa tambah naik  harganya, malah bisa habis tiket, bisa transit ke bandara lain dulu, malah mahal lagi nanti," kata Andi yang mengaku orang Surabaya.

Baca juga: Uang THR untuk ASN Pemda di Kalimanan Selatan Diperkirakan Cair pada 25 April 2022

Baca juga: Jelang Mudik Idul Fitri, Sebanyak 43 Angkutan Antar Provinsi di Kalsel Dinyatakan Tak Laik Jalan

Dia bersama belasan teman kerjanya itu berencana kembali ke Kalsel pada H plus 7 setelah Lebaran 2022

Pantauan di Bandara Internasional Syamsudin Noor, kepadatan calon penumpang pesawat telah terlihat. Buruh bangunan dan sawit pilih mudik duluan agar terlepas dari kepadatan arus mudik. 

Sementara itu, menurut Stakeholder Relation Manager Bandara internasional Syamsudin Noor, Ahmad Zulfian Noor, Rabu (20/4/2022), memperkirakan puncak arus mudik sekitar 30 April nanti. 

"Pada 30 April nanti diperkirakan ada 9.000 penumpang yang datang dan berangkat dari bandara internasional Syamsudin Noor," kata dia. 

Sedangkan arus balik pemudik, sambung Ahmad Zulfian Noor, diperkirakan pada 7 Mei 2022.

Baca juga: Pemerintah Kota Banjarmasin Berencana Revisi Perda Ramadhan, Ini Tanggapan Dewan

Baca juga: Dapur Rumah Roboh di Gambut Kabupaten Banjar Kalsel Bikin Geger Warga

"Untuk tujuan yang paling banyak adalah Banjarmasin-Jakarta dan Banjarmasin-Surabaya," jelasnya. 

Prediksi jumlah penumpang pada momen Lebaran 2022 diperkirakan meningkat lebih dari 300 persen, jika dibandingkan pada 2021. 

"Kalau tahun lalu, bahkan sehari ada yang tidak ada penumpang. Paling banyak atau maksimal penumpang di angka 500 oran. Kini diperkirakan 7.000 penumpang, baik datang dan pergi," urainya. 

Karena diprediksi akan ada lonjakan, maka pihak Bandara internasional Syamsudin Noor akan membentuk Pos Terpadu Lebaran yang dioperasionalkan pada 25 April sampai 10 Mei. 

"Selain itu, mulai hari ini diterapkan penambahan jam operasional di bandara dari pukul 06.00 sampai 22.00 Wita. Kalau biasanya dari pukul 06.00 sampai pukul 19.00 Wita," sebut kata Ahmad Zulfian Noor.

Stakeholder Relation Manager Bandara internasional Syamsudin Noor, Ahmad Zulfian Noor-1
Stakeholder Relation Manager Bandara internasional Syamsudin Noor, Ahmad Zulfian Noor.

Persiapan lanjutannya, yakni menggaet maskapai baru untuk menambah penerbangan dari rute-rute yang sudah dapat. 

"Misal pada 22 April ini akan ada penerbangan Super Air JET yang meramaikan penerbangan dari Jakarta ke Banjarmasin (sebaliknya). Termasuk Pelita Air juga ada. Harapan yang ada, sebelum Hari Raya, sudah bisa flight," kata dia. 

Dijelaskan Zulfian Noor, berdasar surat yang masuk, sudah ada konfirm akan ada penambahan slot penerbangan tambahan dari Lion Air kurang lebih lima sampai 10. Untuk Citylink masih mengajukan dan Garuda belum ada.

(Banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved