Kebakaran di Kalsel

Kebakaran di Sekumpul Kalsel 27 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal, Dinsos Beri Bantuan

Dinas sosial Kalsel dan Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar beri bantuan dalam musibah 1 rumah terbakar dihuni 27 jiwa di Kelurahan Sekumpul, Martapura.

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Alpri Widianjono
LURAH SEKUMPUL UNTUK BPOST
Bantuan untuk total 27 jiwa, dalam musibah kebakaran di Kompleks Pondok Permata Kelurahan Sekumpul, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (22/6/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Silvia, warga Jalan Pintu Air, Kelurahan Tanjung Rema Darat, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), tampak sibuk mengangkat kasur alas tidur.

Itu karena seluruh rumah orangtuanya di Kompleks Pondok Permata, Kelurahan Sekumpul RT 001 RW 001, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, basah kuyup terdampak penanganan kebakaran, Rabu (22/6/2022) sekitar 01.30 Wita.

Silvia mengaku dihubungi adiknya, Rabu dini hari, ketika rumah tetangganya, yakni Hj Majiah, terbakar. 

"Saya bergegas menuju rumah ibu. Tetapi tidak dapat tembus karena banyaknya anggota pemadam kebakaran malam itu. Saya bersyukur, karena rumah orangtua selamat, dari amukan api" katanya.

Asal kobaran api itu sangat dekat kamar ibunya Silvia, sehingga membuatnya khawatir. Apalagi di rumah ibunya itu menampung santriwati.

Baca juga: VIDEO Kondisi Terkini Pasca Kebakaran di Kompleks Pondok Permata Kelurahan Sekumpul Martapura

Baca juga: SMKN 1 Martapura Nyaris Terbakar, Api Sempat Muncul dari Trafo Listrik

Baca juga: Sidang Lanjutan Sengketa Pasar Batuah, Kuasa Hukum Warga dan Pemko Banjarmasin Serahkan Bukti Ini

Satu jam gabungan regu pemadam kebakaran berjibaku dengan kobaran api. 

Asap putih muncul ke langit, setelah pemadam kebakaran mengambil sumber air dari Irigasi Riam Kanan di kawasan Sekumpul ini.

Sepanjang akses penghubung Jalan Pendidikan dan Jalan Sekumpul atau Taman Irigasi Sekumpul, dipenuhi mobil pemadam kebakaran yang menyuplai air untuk penyiraman. 

Saksi mata peristiwa kebakaran, Yuni, PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar mengaku melihat api muncul dari dalam garasi kendaraan rumah tetangganya. 

"Saya yang pertama kali melihat asap api," ujar ibu Silvia yang sedang menjalani masa persiapan pensiun ini.

Baca juga: Tergiur Upah Besar, Pengedar Sabu di Tanahlaut Ini Sebut Dapat Rp 2 Juta Sekali Antar

Baca juga: NEWSUPDATE Kasus Covid-19 Naik Lagi, Wajib Pakai Masker di Ruang Terbuka saat Ada Kerumunan

Baca juga: VIDEO Kondisi Terkini Pasca Kebakaran di Kompleks Pondok Permata Kelurahan Sekumpul Martapura

Sementara itu, Dinas Sosial Kalsel dan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kabupaten Banjar, menyerahkan bantuan bagi korban kebakaran.

Kepala Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar, Hj Siti Hamidah mengaku sudah menyerahkan bantuan Pemkab Banjar dalam musibah rumah hangus terbakar tersebut, sekitar pukul 11.00 Wita.

"Rumah rusak berat akibat kebakaran adalah milik Hj. Majiah yang dihuni oleh 5 Kepala Keluarga, dengan jumlah 27 Jiwa. Rinciannya 9 laki-laki, 11 perempuan, 1 lansia dan 6 anak-anak," katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved