Kampusiana

KKN-PPM ULM tahun 2022 di Kelurahan Teluk Dalam, Mahasiswa Ajak Masyarakat Budidaya Ulat Maggot

Mahasiswa menggelar KKN-PPM ULM tahun 2022 di kelurahan Teluk Dalam Kota Banjarmasin. Kali mahasiswa mengajak warga budidaya ulat magot

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Hari Widodo
Maulana untuk Bpost
Workshop budidaya Maggot mahasiswa ULM di Kelurahan Teluk Dalam Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kegiatan KKN-PPM ULM tahun 2022 di kelurahan Teluk Dalam Kota Banjarmasin kembali dilaksanakan.

Kali ini, para mahasiswa ULM mengadakan workshop budidaya maggot.

Pada kesempatan itu Muhammad Fitrianur, mahasiswa Fakultas Pertanian ULM memaparkan berbagai manfaat maggot, dan mempraktikkan cara budidaya.

Dijelaskannya bahwa maggot, yaitu larva dari lalat BSF adalah salah satu organisme yang memiliki kemampuan reduksi sampah, sekaligus dapat menjadi pakan ternak bagi unggas dan ikan.

Baca juga: Kunjungan ke SMPN 2 Satui, Mahasiswa KKN-Kedaireka Fakultas Pertanian ULM Ajak Siswa Bikin Kokedama

Baca juga: Hijaukan Kelurahan Seberang Masjid, Mahasiswa KKN ULM Tanam dan Bagikan 1.000 Bibit Pohon

"Sebab maggot memiliki kandungan protein di dalamnya. Dalam pengolahannya, maggot dapat dibedakan menjadi maggot segar, maggot kering dan pelet dari maggot," katanya, Selasa (2/8/2022).

Dalam kegiatan Kegiatan KKN-PPM ULM, juga digelar edukasi Tanaman Obat Keluarga (Toga) beserta manfaatannya. 

Muhammad Luthfi Abrar, mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) ULM, berharap agar edukasi ini dapat menambah wawasan masyarakat mengenai Toga serta pemanfaatannya.

Sehingga tumbuhan herbal dapat dijadikan pendukung kesehatan dan pengobatan alternatif, untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap obat sintetik. 

"Kami memberikan edukasi pada masyarakat tentang penggunaan dan peranan obat herbal dalam keilmuan farmasi, dan penelitian kesehatan serta keuntungan penggunaan obat herbal dibanding obat sintetik," ujar Luthfi. 

Dari dua kegiatan yang dilakukan pada hari bersamaan tersebut, mahasiswa KKN-PPM 1 ULM berhasil menarik antusiasme masyarakat untuk berkolaborasi mengolah budidaya maggot dan pemanfaatan Toga. 

Baca juga: KKN Ke Wonorejo Tanbu, Mahasiswa Pertanian ULM Belajar Penerapan Electric Pen Berbasis Kelompok Tani

Dosen pembimbing lapangan kelompok 1 KKN-PPM, Noor Khamidah, S.Si., M.P, turut hadir dan memantau pelaksanaan program yang diadakan. 

"Semoga mahasiswa ULM tetap fokus, dan terus memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat," harapnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved