Tajuk

Perjuangkan Semangat Kesetaraan

Kontingen Indonesia di ASEAN Paragames meraih medali emas terbanyak dan menjadi juara umum dengan 175 medali emas, 144 perak dan 107 perunggu.

Editor: Eka Dinayanti
istimewa dari dr Ferry
Timnas Sepakbola CP Indonesia saat bertanding di Asean Paragames 2022 di Solo. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - PESTA olahraga bagi para difabel Asean, ASEAN Para Games XI Tahun 2022 yang digelar di Solo, Jawa Tengah, resmi ditutup.

Di ajang ini, selain sebagai tuan rumah yang sukses sebagai penyelenggara, Indonesia juga sukses meraih prestasi tertinggi.

Kontingen Indonesia meraih medali emas terbanyak dan menjadi juara umum dengan 175 medali emas, 144 perak dan 107 perunggu.

Meski tak seramai penyelenggaraan ASEAN Games, namun ajang olahraga ini juga sebagai pembuktian bahwa keterbatasan bukan menjadi hambatan untuk meraih prestasi.

Walau telah lewat namun semangat kesetaraan perlu untuk terus diperjuangkan. Dengan memperbanyak ruang bagi mereka yang jauh lebih membutuhkan perhatian.

Para atlet menunjukkan kemampuan mereka yang tak mau kalah dibandingkan dengan atlet ASEAN Games. Mereka membuktikan penyandang disabilitas bisa berprestasi.

Apalagi Indonesia yang meraih gelar juara umum diperkuat atlet difabel dari berbagai daerah. Bahkan Kalimantan Selatan ikut banyak menyumbangkan atlet meraih medali.

Atlet National Paralympic Commite (NPC) Kalsel yang telah bergabung memperkuat kontingen NPC Indonesia mempersembahkan 10 medali emas, 18 perak dan 8 perunggu.

Sebagai apresiasi paralympic Kalsel yang ikut membela Tanah Air disambut di bandara dan diarak menuju markas mereka di Banjarbaru.

Harapan apresiasi dari pemerintah khususnya Pemerintah Kalsel tidak hanya itu. Besaran bonus dengan ASEAN Games juga harus setara. Jangan lagi ada keluh kesah atlet hanya memperoleh medali dan ucapan terima kasih saja.

Usai pesta olahraga ini berakhir kesetaraan kaum disabilitas masih menjadi persoalan penting. Fasilitas publik ramah disabilitas perlu juga diperhatikan. Terpenting lagi kesempatan mendapatkan pekerjaan baik swasta maupun pemerintahan.

Berikan perhatian lebih kepada atlet berprestasi sama seperti atlet biasa. Samakan derajat mereka untuk bisa juga menjadi abdi negara. Dengan ASEAN Paragames jadi momen pemerintah memperbaiki kehidupan masyarakat penyandang disabilitas dengan pekerjaan dan penghasilan yang layak. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved