Kampusiana

Mahasiswa PKM ULM Ajarkan Warga Satui Kabupaten Tanbu Cegah Kolesterol dengan 'Pendekar'

Tim PKM FK ULM melaksanakan Penyuluhan, Pemberdayaan dan Edukasi Kader atau Pendekar di Satui Kabupten Tanbu Kalsel untuk cegah penyakit kolesterol.

HESLY UNTUK BPOST
Kegiatan pemberdayaan masyarakat, mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat (PKM) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengajarkan warga Satui, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan, untuk bersama-sama mencegah penyakit kolesterol. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat (PKM) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melaksanakan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). 

Kegiatan tersebut menyasar warga di sejumlah desa di Kecamatan Satui. Dua kelompok di Desa Satui Barat, dua kelompok di Desa Sungai cuka, tiga kelompok di Desa Tegal Sari, dan 14 kelompok di Desa Wonorejo. 

Satu di antara kelompok yang melakukan kegiatan PBL membawa program bernama Pendekar, yakni dari kelompok 8 yang berkegiatan di Desa Wonorejo RT 8. Program Pendekar adalah Penyuluhan, Pemberdayaan dan Edukasi Kader. 

"Khusus kelompok kami, melakukan penyuluhan tentang pencegahan Kolesterol dengan Program Pendekar ini di Desa Wonorejo RT 8," ujarnya.

Baca juga: Masyarakat Balangan Sambut Hangat Kedatangan UAS di Masjid Al Akbar Balangan

Baca juga: Pembawa Sabu Diciduk Petugas Polres Hulu Sungai Tengah Kalsel di Matang Ginalon

Baca juga: Masuk ke Kolong Truk, Seorang Pengendara Tewas di Gunung Kupang Kota Banjarbaru

Kegiatan dalam program intervensi ini berupa penyuluhan, pemberdayaan masyarakat (praktik pembuatan susu kedelai), pengecekan kadar kolesterol, dan pembentukan kader anti kolesterol.

Setelah penyuluhan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan praktik pembuatan susu kedelai sebagai bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Tak hanya itu, para mahasiswa juga merekrut kader dan memberikan pelatihan mulai dari cara menggunakan alat cek kolesterol, hingga imbauan agar para kader turut mengedukasi masyarakat setempat tentang penyakit tersebut. 

"Dalam hal ini para kader akan bekerja sama dengan Posbindu Desa Wonorejo untuk membantu dalam melakukan pengukuran kadar kolesterol warga RT 8 setiap satu tahun sekali, sesuai skrinning penyakit tidak menular oleh Kabupaten Tanah Bumbu," sambung Hesly.

Baca juga: Tukang Becak Meninggal Saat Antar Penumpang di Kampung Melayu Kota Banjarmasin

Baca juga: Video Bocah 15 Tahun Dikeroyok di Bendung Karang Intan, Ibu Korban Khawatir Pelaku Dendam

Dengan adanya kegiatan dari dari Tim PKM FK ULM ini, diharapkan dapat mengurangi angka kejadian penyakit kolesterol masyarakat RT 8 Desa Wonorejo, Kecamatan Satui.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Syaiful Riki))

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved