Kampusiana

Prodi Teknik Mesin ULM Hibahkan Mesin Pencacah dan Pellet Sampah ke Urban Dewan HST  

Fakultas Teknik ULM Prodi Teknik Mesin Banjarbaru, menyerahkan hibah satu unit mesin pencacah sampah dan satu unit mesin pellet

Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/hanani
Uji coba mesin pencacah dan mesin pellet sampah organic buatan mahasiswa ULM Banjarbaru, sebelum diserahkan untuk dihibahkan ke Bank Sampah Urban Dewan, di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, MInggu (11/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prodi Teknik Mesin Banjarbaru, menyerahkan hibah satu unit mesin pencacah sampah dan satu unit mesin pembuat pellet, MInggu (11/9/2022).

Bantuan diserahkan kepada Diretktur Bank Sampah Urban Dewan, Mulyadi Saputra di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan yang dikelola komunitas anak muda yang mendirikan bank sampah berbasis digital.

Ketua Pengabdian Dosen Wajib Mengabdi (PDWM) Prodi Teknik Mesin, Dr Mastiadi Tamjidillah kepada banjarmasinpost.co.id, menjelaskan, kedua mesin  dibuat mahasiswa dengan pendampingan tim pelaksana program pengabdian masyarakat tersebut.

Tujuannya, membantu Urban Dewan  tak hanya mengelola sampah terpilah untuk langsung dijual dan dikirim ke Pulau Jawa.

Baca juga: Lakukan Penelitian, Tim Prodi Teknik Mesin Uniska Ubah Oli Bekas Jadi Bahan Bakar Diesel

Baca juga: Maksimalkan Kerja Traktor, Tim Teknik Mesin ULM Buat Alat Angkut Sederhana

Baca juga: Dinas PU Tanahlaut Cek Sumur Bor Mangkrak di Telagalangsat, Rekayasa Teknik Sipil Akan dilakukan

Tapi diolah terlebih dahulu agar nilai ekonomisnya lebih tinggi.

“Proram ini juga sebagai implementasi Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu mengabdi kepada masyarakat,”katanya.

Mastiadi juga mengatakan, ke depan pihaknya bisa memproduksi lagi mesin tersebut dengan kapasitas ebih besar melalui modifikasi dan evaluasi, bahkan menambah kapasitas produksi.

 “Informasi yang kami peroleh dari Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan, HST saat ini ada 11 bank sampah lagi di bawah pengelolaan Dinas tersebut. Ke depan bisa ditambah sesuai skala prioritas,”katanya.

Penyerahan dua jenis mesin pencacah sampah dan pellet sampah organik dan nonorganik tersebut dihadiri pula oleh lima mahasiswa Teknik mesin, pengelola Urban Dewan, Masyarakat sekitar serta dari Dinas LHP dan Dinas PUPR HST.

Sebelum penyerahan,  dilakukan ujicoba mesin pencacah dengan memasukkan sampah dari sayuran dicampur sampah plastik dan sampah hingga menjadi halus.

Selanjutnya, sampah yang sudah halus tersebut dimasukkan ke mesin pellet hingga menghasikan pellet jumputan sampah padat.  

Anggota Tim PDWM Prodi Teknik Mesin Herry Irawansyah  mengatakan, pellet juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi,  untuk kebutuhan bahan bakar rumah tangga.

“Bahkan bisa dijual ke PLN sebagai bahan bakar co-firin boiler pada pembangkit listrik tenaga uap,”kata Herry.

Pembuatan kedua mesin tersebut, dilakukan tim dosen terdiri Dr Mastiadi Tamjidillah sebagai ketua tim dengan anggota dia sendiri, Andy Nugraha, serta Trendy Pratama, M Zainul Rusdi dan Aris Fadilah bersama para mahasiswa. Waktu pembuatan hingga perakitan, sekitar dua bulan.

Mengenai spesifikasi, terdiri rangka, mesin pencacah, motor penggerak yang berfungsi menggerakkan dua mesin sekigus dengan bahan bakar pertalite. “Kedepan kami tingkatkan lagi, dengan penggerak bertenaga listrik,”kata Herry.

Baca juga: Padukan Budidaya Ikan dan Tanaman, Mahasiswa KKN-PPM ULM 2022 Perkenalkan Teknik Budikdamber

Peralatan lainnya, terdiri penghubung daya fun belt, pencacah dengan pencetak peletnya berbahan campuran besi dan aluminium.

Sedangkan pisaunya  dari besi baja,  rangka dari besi siku. Pembuatan mesin dan perencanaan dilakukan oleh mahaisiswa.

“Sebelumnya, kami sudah lakukan uji coba hingga menghasilkan pellet dari bahan sampah organik dan nonorganic. Disebutkan, sampah yang direkomendasikan dibuat pellet adalah sampah kering dedaunan, kayu, plastic maupun kertas. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved