Tips Sehat

Dampak Buruk Tak Sarapan Bagi Kesehatan, Simak Porsi Untuk Makan Pagi

Inilah dampak tidak sarapan bagi kesehatan. Simak penjelasan Dosen Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) ini

Editor: Irfani Rahman
flexmedia.co.id
Ilustrasi sarapan. Tak sarapan ternyata mempunyai dampak buruk lho bagi kesehatan 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Ternyata tak sarapan mempunyai dampak bagi kesehatan. Simak penjelasan Dosen Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB) Karina Rahmadia Ekawidyani tentang pentingnya sarapan.

Setiap hari kita akan melakukan aktivitas. Untuk itulah kita perlu energi atau sarapan

Nah jika tak sarapan tentunya ada dampaknya.

Sarapan pun beragam, bisa nasi, bubur hingga buah-buahan.

Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya menu sarapan juga ada porsi idealnya. Hal ini disesuaikan dengan aktivitas yang akan dilakukan seharian.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Banjarmasin Hari Ini, Simak Juga Cuaca Banten, Jawa Tengah, dan Jambi Hujan Lebat

Baca juga: 4 Manfaat Olahraga Pagi, Diantaranya Turunkan Berat Badan

Dampak melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan juga membawa dampak tidak bagus. Kamu akan merasa lemas dan kurang bisa konsentrasi karena tidak punya energi untuk melakukan aktivitas.

Menurut Dosen Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB) Karina Rahmadia Ekawidyani, kebiasaan melewatkan sarapan memiliki dampak buruk bagi tubuh.

Tubuh akan merasa lemas karena kurang energi. Apalagi jika kegiatan yang dilakukan cukup berat sehingga butuh banyak energi.

"Kurang lebih orang itu kan tidur biasanya 8 jam tidak makan sama sekali seperti orang berpuasa. Jika tidak sarapan, kita akan makan lebih banyak saat makan siang. Sehingga ada risiko akan mengalami obesitas atau kelebihan berat badan nantinya akan berisiko untuk penyakit lainnya," terang Karina seperti dikutip dari kanal YouTube IPB TV, Minggu (26/12/2021).

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved