BPost Cetak

Semua Parpol di Kalsel Penuhi Syarat

KPU Kalsel menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verfak perbaikan kepengurusan dan keanggotaan parpol calon peserta Pemilu 2024

Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Syaiful Riki
Calon peserta Pemilu 2024 foto bareng usai rapat pleno verifikasi faktual perbaikan oleh KPU Kalsel di Hotel G'Sign Banjarmasin, Sabtu (10/12/2022). 

BANJARMASINPOST,CO.ID- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan telah menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual (verfak) perbaikan kepengurusan dan keanggotaan partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024.

Pada acara di Hotel G’Sign Banjarmasin, Sabtu (10/12), seluruh parpol nonparlementer dinyatakan memenuhi syarat.

Hasil proyeksi Sistem Informasi Partai Politik ( Sipol) menunjukkan persentase delapan parpol di Kalsel yang menjalani verfak perbaikan telah melampaui ambang batas.

Partai Bulan Bintang (PBB) mencatat ada 11 DPD yang memenuhi syarat. Partai Hanura sebanyak 12 DPD. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 12 DPD.

Kemudian Partai Garuda ada 11 DPD, Partai Perindo sebanyak 13 DPD, Partai Buruh 10 DPD, Partai Ummat 12 DPD, dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) 10 DPD. S

ementara Partai Gelora yang sebelumnya sudah lebih dulu dinyatakan memenuhi syarat saat verfak tahap pertama, mencatat sebanyak 10 DPD.

Meski demikian, para pengurus parpol tersebut tetap harus menunggu. Sebab, keputusan kelolosan calon peserta Pemilu 2024 ada di tangan KPU RI.

Rekapitulasi di tingkat nasional akan dilakukan pada 13 Desember 2022. Sementara pengumuman penetapan parpol peserta Pemilu 2024 digelar pada 14 Desember 2022.

“Yang kemudian akan dilanjutkan dengan pengundian nomor urut,” kata Ketua KPU Kalsel, Sarmuji, usai rapat pleno.

Dalam agenda pleno, seluruh perwakilan pengurus parpol nonparlementer yang menjalani verfak perbaikan hadir.

Pengumuman dari KPU Kalsel memberikan angin segar bagi pengurus Partai Buruh di provinsi ini. Ketua Exco Partai Buruh Kalsel, Yoeyoen Indharto bahkan berkeyakinan mampu berkompetisi pada Pemilu 2024. Sebab, dia menyebut hasil rekapitulasi Partai Buruh di provinsi lain juga sudah dinyatakan memenuhi syarat.

“Informasi dari kawan-kawan provinsi lain juga demikian, seratus persen memenuhi syarat,” katanya, Sabtu.

Sembali menunggu pengumuman resmi KPU RI, Yoeyoen menyatakan pihaknya melakukan berbagai persiapan, seperti perombakan kepengurusan hingga menyiapkan bakal calon legislatif.

Menurutnya, saat ini jajaran pengurus Partai Buruh Kalsel belum maksimal. Dalam hal kuantitas, jumlah masih cukup sedikit.

“Tidak mungkin kan untuk menghadapi Pemilu 2024, hanya ada empat sampai lima orang saja di kepengurusan,” ujarnya.

Di samping itu, Yoeyoen menyatakan Partai Buruh selalu terbuka untuk kalangan mana saja.

Terpenting bakal calon legislatif tersebut memiliki komitmen dan visi-misi sama dengan Partai Buruh. “Kami terbuka saja, sekalipun bukan dari buruh. Namun, kami tetap selektif. Asal sama-sama mau berjuang untuk rakyat,” pungkasnya. (msr)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved