Tips Sehat

Makanan Bagi Penderita TBC Tulang, dr Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi Ikan Gabus

dr Zaidul Akbar sarankan makanan bagi penderita TBC tulang, salah satunya dengan konsumsi ikan gabus

Penulis: Mariana | Editor: Irfani Rahman
kanal youtube dr. Zaidul Akbar Official
dr Zaidul Akbar sarankan makanan bagi penderita TBC tulang, diantaranya adalah konsumsi ikan gabus 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Penggagas kesehatan ala Rasulullah SAW, dr Zaidul Akbar membagikan rekomendasi jenis-jenis makanan bagi penderita TBC tulang.

Selain berobat secara medis, dr Zaidul Akbar menuturkan penderita TBC tulang bisa melakukan alternatif pengobatan alami.

Salah satu bahan alami yang dapat mengatasi TBC Tulang, diungkapkan dr Zaidul Akbar yakni di antaranya mengkonsumsi ikan gabus.

Tuberkulosis Tulang atau TBC tulang merupakan penyakit yang menginfeksi atau menyerang tulang dan sendi.

Baca juga: Rekomendasi Makanan bagi Pekerja Shift, dr Zaidul Akbar Imbau Perbanyak Minum Air Putih

Baca juga: Khasiat Keladi bagi Kesehatan, dr Zaidul Akbar Jelaskan Cara Konsumsinya

Bagian yang paling mudah terinfeksi bakteri Tuberkulosis ialah tulang belakang sekitar 50 persen. Kondisi ini menyebabkan matinya jaringan sendi dan memicu kerusakan pada tulang belakang.

dr Zaidul Akbar menerangkan makanan yang disarankan untuk dikonsumsi orang yang infeksi TBC tulang adalah yang tinggi rempah-rempahan.

"Misalnya kalau di kampung tempat saya ada satu makanan namanya pindang, itu isinya kunyit lengkuas, salah satu yang saya sarankan untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang punya masalah di tulang," jelas dr Zaidul Akbar dikutip Banjarmasinpost.co.id dari kanal youtube dr. Zaidul Akbar Official.

Ini karena rempah memiliki peran yang sangat baik menjadi sumber atau asupan kalsium, kalium, magnesium dan juga memberi efek menghangatkan secara umum. Kuahnya bisa dikonsumsi atau diminum.

Isi dari pindang tersebut adalah ikan, sebagai salah satu sumber omega 3, dr Zaidul Akbar menyarankan ikan yang dipilih adalah ikan-ikan yang hidupnya bebas, di antaranya baung, gabus, atau toman.

Jenis-jenis ikan tersebut menjadi sumber kolagen yang sangat tinggi berupa albumin yang sangat baik memperbaiki kondisi tulang.

Selain untuk tulang, kolagen berkhasiat membuat wajah menjadi berseri dan glowing, karena bisa memperbaiki kondisi elastisitas kulit dan mencerahkan kulit secara umum.

Penderita TBC Tulang juga sebaiknya diberikan asupan lemak, ada alpukat memberikan tenaga bagi tubuh, mengadnung kalsium dan kalim misalnya kurma, dan beberapa jenis sayuran yang sifatnya mendetoks tulang yakni brokoli, asparagus juga sangat baik.

"Untuk jus saya tidak sarankan, lebih baik buahnya dimakan langsung, pilih yang tinggi enzim misalnya nanas, bisa pula makan bonggolnya pada nanas, sangat baik tinggi enzim, enzim diperlukan karena seseorang yang terkena infeksi akan menguras enzim dalam tubuh," papar   dr Zaidul Akbar.

Termasuk dalam hal ini minum air kelapa muda, jika ada masalah di pencernaan bisa diganti minum air kelapa tua.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved