Haul Guru Sekumpul 2023

Jalur Sungai Bamban Rusak, Jemaah Haul Guru Sekumpul 2023 Disarankan Lewat Jalan Gubernur Syarkawi

Jemaah dari Batola menuju Haul Guru Sekumpul di rumah Gubernur Kalsel diimbau hindari Sungai Bamban tapi lewat Jalan Gubernur Syarkawi.

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Alpri Widianjono
BRIGADIR SATRIA UNTUK BPOST
Anggota Bhabinkamtibmas Desa Jejangkit Muara mengecek kondisi jalan di Desa Tajau Landung, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, RabU (25/1/2023). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Akses alternatif Desa Sungai Bamban, Kecamatan Rautau Badauh, Kabupaten Barito Kuala (Batola) arah Sekumpul, Kota Martapura, Kalimantan Selatan (Kalsel), rusak berat.

Jalan itu menghubungkan Sungai Bamban dan Jejangkit Kabupataen Batola dengan Tajau Landung Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.

Kondisi jalan rusak parah akan menyulitkan, khususnya bagi pengemudi mobil yang akan ke Haul Guru Sekumpul saat Kamis (26/1/2023) di rumah pribadi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor di Kampung Keramat, Kabupaten Banjar.

Pengendara sepeda motor pun pun harus berjuang agar tidak tergelincir memasuki kubangan lumpur bekas urukan pasir batu yang menutupi lubang bekas lintasan angkutan armada truk bermuatan material batu.

Baca juga: Dapur Umum Gang Brunai Mulai Mengolah Daging Sapi untuk Konsumsi Haul Guru Sekumpul 2023

Baca juga: Haul ke-18 Guru Sekumpul di Bitahan Tapin Kalsel dipadati Ribuan Jemaah

Hal itu diungkap Jazuli Rahman, warga Margasari, Kecamatan Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin, mengaku kondisi akses alternatif itu rusak sehingga hanya kendaraan roda dua yang dapat melintas.

"Mobil sebaiknya memilih akses Jalan Tol Gubernur Syarkawi Simpangempat Handil Bakti," katanya saat ditemui Banjarmasinpost.co.id, Rabu (25/1/2023).

Menurutnya, kerusakan itu diakibatkan lalu lintas truk angkutan yang menyelesaikan proyek pembangunan jalan Tatah Alayung ke Mandastana.

Sementara itu, Ahmad, relawan Desa Sungai Bamban, membenarkan dari informasi yang diperolehnya, kondisi aspal jalan yang mulus itu dari Sungai Bamban ke arah Jalan HPS Jejangkit masih aman.

Baca juga: Kasus Campak di Kabupaten Kotabaru, Dinkes Sebut 2 Sampel Negatif dan Hasil 12 Lainnya Ditunggu

Baca juga: Pasien Covid-19 Muncul Lagi di Kabupaten Tanah Laut, Menjalani Perawatan di RSUD Hadji Boejasin

"Akses jalan yang rusak itu, berada di wilayah Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar," ungkapnya.

Bhabinkamtibmas Polsek Jejangkit, Brigadir Satria melaporkan sebaiknya akses untuk roda empat tidak melintas jalan Jejangkit.

Sebab, wilayah akses Jalan di Desa Tajaulandung Sungai Tabuk rusak parah, terdapat lubang di sisi kanan dan kiri jalan tersebut.

Brigadir Satria, Bhabinkamtibmas penugasan Desa Jejangkit Muara merasa kasihan warga Marabahan, Margasari, Tapin, Kandangan, Barabai, Balangan dan Tanjung.

Baca juga: Mantan Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming Bacakan Pledoi di PN Tipikor Banjarmasin

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Tanah Laut Batasi Jumlah Retail Modern, Sisa Satu Zona yang Masih Terbuka

"Apabila terlanjur masuk ke Kejangkit kasian kejauhan kalau harus putar balik atau tetap memaksa lewat tersebut," katanya.

Anggota Polsek Jejangkit itu meminta pengguna jalan roda 4 agar lebih baik jalan lewat Jalan Gubernur Syarkawi, karena pasti terkena bagian bawah dan bisa mengakibatkan amblas.

"Kalau untuk pengendara roda dua, kami imbau saja untuk tetap berhati-hati kalau tetap memaksakan jalan tersebut," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Berita Terkait :#Haul Guru Sekumpul 2023
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved