Jumat, 6 Maret 2015
Home » Kolom » Tajuk

Hujan Datang Bencana Mengadang

Jumat, 11 Januari 2013 01:15 WITA

Malah untuk masalah banjir, Kalsel bukan hal yang langka lagi bagi warga Kalsel. Malah banjir sudah menjadi langganan setiap tahun. Jika hujan deras datang, maka warga harus siap-siap menghadapi risiko banjir.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Banjarmasin,  memprediksi banjir akan ‘menghantui’ warga Kalsel sampai Februari. Sebab curah hujan yang tinggi diperkirakan akan terjadi sampai bulan itu.

Di Kalsel, kawasan yang menjadi langganan banjir pun boleh dibilang itu-itu saja dan identik dekat dengan kawasan pertambangan terutama batu bara.

Contohnya, pada Kamis (9/1), salah satu daerah tambang batu bara di kawasan Hulu Sungai dilanda banjir. Ratusan rumah warga terendam. Sekolah dan beberapa fasilitas umum lain juga terkena dampak bencana itu.

Jika sekolah terendam, akibatnya sudah pasti bisa ditebak siswa terpaksa diliburkan. Itu artinya pendidikan kembali mengalami gangguan.

Tidak hanya di Tapin, akhir Desember 2012 kawasan lain di Hulu Sungai yakni di Tabalong juga dilanda banjir. Tabalong juga adalah daerah kaya tambang batu bara di Kalsel. Malah salah satu perusahaan terbesar di Tanah Air beroperasi di kabupaten ujung di hulu sungai ini.

Itu untuk kawasan hulu sungai. Daerah pesisir yang juga kaya tambang seperti Tanahlaut, Kotabaru dan Tanahbumbu selalu menjadi langganan banjir.

Halaman123
Editor: Dheny Irwan Saputra
KOMENTAR

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas