Berita Kotabaru

Waduh, Tiga Desa dan Satu Kelurahan di Kotabaru Ditetapkan sebagai Kawasan Kumuh

Tiga desa dan satu kelurahan di Kecamatan Pulaulaut Utara oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru ditetapkan sebagai kawasan kumuh.

Waduh, Tiga Desa dan Satu Kelurahan di Kotabaru Ditetapkan sebagai Kawasan Kumuh
banjarmasinpost.co.id/herliansyah
Kepala Bidang Penanganan Perumahan Kumuh dan Kawasan Permukiman Kumuh Akhmad Rizani 

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Tiga desa dan satu kelurahan di Kecamatan Pulaulaut Utara oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru ditetapkan sebagai kawasan kumuh.

Dari jumlah itu, satu desa dianggap terparah tingkat kekumuhannya yakni Desa Rampa.

Sementara kawasan kumuh lainnya adalah Desa Dirgahayu, Semayap serta Kelurahan Kotabaru Tengah berdasarkan surat keputusan (SK) Bupati.

Berdasarkan data Dinas Perumahan Rakyat Permukiman dan Pertanahan Kotabaru, Desa Rampa kawasan paling parah tingkat kekumuhan berdasarkan kondisi lingkungan.

Baca: NEWSVIDEO: Tidak Bawa KTP Saat Dirazia, Puluhan Warga Didenda

Menjadi katagori kekumuhan baik dari sisi kondisi perumahan (kepadatan bangunan, kualitas bangunan), jalan lingkungan, tempat pembuang sampah dan sanitasi.

"Total luas lahan kawasan kumuh 169 hektare," kata Kepala Bidang Penanganan Perumahan Kumuh dan Kawasan Permukiman Kumuh Akhmad Rizani, Rabu (29/11/2017).

Menurut Rizani, terkait kawasan ini pihaknya sejauh ini belum melaksanakan penataan bangunan rumah. Kecuali melaksanakan bedah rumah melalui program Kotaku (kota tanpa kumuh) yang bersumber dari APBD dan APBN.

Baca: Dari Aneka Lomba Hingga Seni Tradisi, Palnam Book Super Sale Semakin Seru

Dengan alasan belum bisa melaksanakan penataan permukiman kumuh karena keterbatasan anggaran.

"Selain bersumber APBD dan APBN ada juga bantuan langsung dana investasi (BLDI). Tapi hanya sebatas kualitas rumah, belum ke arah sana (penataan lokasi rumah). Direncanakan 2018," ujarnya.

Penulis: Herliansyah
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved