Melihat Eksotikanya Danau Seran

Awalnya dari Danau Biji, Katanya Sih Terbentuk Karena Ledakan Bom

Danau Seran adalah salah satu destinasi wisata danau yang populer di Banjarbaru selain wisata danau-danau lainnya.

Awalnya dari Danau Biji, Katanya Sih Terbentuk Karena Ledakan Bom
salmah
Danau Seran berlokasi di antara dua kelurahan yaitu Palam, Kecamatan Cempaka dan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Wisata alam menjadi tren distinasi di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar, di antaranya berupa danau yang berlokasi di beberapa tempat.

Danau Seran adalah salah satu destinasi wisata danau yang populer di Banjarbaru selain wisata danau-danau lainnya.

Danau Seran berlokasi di antara dua kelurahan yaitu Palam, Kecamatan Cempaka dan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, sehingga bisa diakses melalui Desa Tanggul (Palam) maupun Desa Seran (Guntung Manggis).

Baca: Update Perolehan Medali Asian Games 2018 - di Posisi 4, Indonesia Tiada Hari Tanpa Emas

Danau ini adalah danau yang terbentuk karena dulunya bekas area pertambangan intan. Ada beberapa perusahaan pertambangan yang pernah menggarap area tersebut.

Pada 80-an PT Palmabim Mining yang menambang intan di kawasan tersebut, kemudian berganti digarap oleh PT Aneka Tambang setelah itu berlanjut PT Galuh Cempaka.

Baca: Hasil Final Bulutangkis Asian Games 2018, Indonesia & China Bersaing Diperolehan Medali

Pasca penambangan oleh perusahaan, beberapa masyarakat mendulang intan secara tradisional di sana dan pasir bekas pendulangan dijual para pedagang pasir untuk bahan bangunan.

Jauh sebelum perusahaan beroperasi, danau di sana hanya ada danau kecil di kawasan Desa Tanggul yang dinamakan masyarakat setempat sebaga danau Biji.

Budiman, warga kelurahan Palam, mengatakan, tidak jelas kenapa dinamakan danau Biji. Pastinya danau itu ada dua buah berdempetan mirip angka delapan yang ukurannya satu besar dan satunya lebih kecil.

Baca: Dipastikan 5 Besar Hingga Akhir Asian Games 2018, Ini Nama-nama Peraih Medali Indonesia

"Konon, kata orang tua dulu bahwa danau Biji itu terbentuk karena ledakan bom pada perang dunia II," ungkapnya.

Kabarnya, zaman penjajahan Jepang di kawasan itu menjadi salah satu tempat menyimpan amunisi. Kemudian dibom oleh pesawat Belanda hingga ledakannya membentuk kawah dan menjadi berair.

"Tapi itu hanya salah satu cerita dari cerita lain yang mengatakan danau Biji terbentuk karena memang bekas pendulangan tradisional," tukas Budiman.

Baca: Buka-bukaan Raffi Ahmad dan Ayu Ting Ting Soal Hubungan Mereka, Ayu: Kenapa Harus Ribut?

Alam Kota Banjarbaru memang banyak mengandung intan dan juga emas. Desa Palam memang termasuk kawasan yang ramai didulangi sejak dulu.

Selain sebaga tempat wisata, danau Seran juga dijadikan tempat olahraga air dan pelatihan tentara dan polisi. Simak kisahnya dalam tulisan berikutnya.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help