Berita Kabupaten Banjar

DLH Banjar, Relawan dan Pelajar Turut Serta Bersihkan Sampah Pasca Haul ke-14 Guru Sekumpul

Petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup bersama relawan dan pelajar yang sekolahnya di sekitar area haul membersihkan sampah.

DLH Banjar, Relawan dan Pelajar Turut Serta Bersihkan Sampah Pasca Haul ke-14 Guru Sekumpul
banjarmasinpost.co.id/hasby suhaili
Dinas LH Banjar, Relawan Kebersihan dan pelajar di Martapura membersihkan sampah pasca haul ke-14 Guru Sekumpul, Senin (11/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA — Jemaah Haul ke-14 Guru Sekumpul sudah mulai meninggalkan area haul, nampak arus lalulintas di Simpangempat Jalan A Yani Sekumpul Martapura padat merayap, Senin (11/3/2019).

Petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup bersama relawan dan pelajar yang sekolahnya di sekitar area haul membersihkan sampah.

Kepala Dinas DLH Kabupaten Banjar, Boyke Tristiyanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan upaya-upaya penanganan sampah pasca pelaksanaan Haul ke-14 Guru Sekumpul, bersama relawan dan pelajar di Martapura.

Setelah pengangkutan sampah rutin, melemburkan petugas dari pukul 14.00 wita sampai dengan pukul 18.00 wita dan selanjutnya pukul 20.00 wita sampai dengan pukul 22.00 wita, setiap hari direncakan selama satu minggu kedepan pasca haul.

Baca: NEWSVIDEO : Sandiaga Uno Bersyukur Bisa Menghadiri Puncak Haul Ke-14 Guru Sekumpul

Melakukan penyisiran sampah oleh roda tiga dan pikap oleh petugas DLH. Bantuan organisasi profesi dalam bentuk baksos bersih sampah di area haul serta menjalin kerjasama dengan TPA Regional dalam hal pembuangan sampah pasca haul.

“Kami juga bekoordinasi dengan DLH Kota Banjarbaru dalam bentuk bantuan sarana angkutan truk sampah. Bekerjasama dengan relawan sampah,” katanya, Senin (11/3).

DLH Banjar juga sudah membagikan kantong-kantonf plastik sampah kepada relawan. Pihaknya menyediakan sedikitnya 1.500 kantong sampah, selain itu juga ada bantuan dari swasta dan masyarakat.

“Kami menghimbau kepada seluruh OPD Lingkup Kabupaten Banjar untuk mengerahkan ASN/PTT dilingkungan masing-masing untuk gotong royong memungut sampah yang ada dilokasi Sekumpul dan sekitarnya,” himbau Boyke.

Pola penanganan sampah yakni mulai membagi kantong-kantong plastik sampah kepada relawan. Pengambilan sampah oleh relawan disetiap lokasi yang terdapat tumpukan sampah yang kemudian dikumpulkan di titik yang sudah ditentukan, selanjutnya diupayakan adanya pemilahan sampah di setiap TPS3R.

Diupayakan adanya pemilahan sampah di titik kumpul oleh bantuan pemulung setempat dan barulah pengangkutan akhir ke TPA Regional Banjar Bakula. Perkiraan jumlah sampah antara empat ribu sampai lima ribu ton.

Dinas LH Banjar, Relawan Kebersihan dan pelajar di Martapura membersihkan sampah pasca haul ke-14 Guru Sekumpul di Martapura.
Dinas LH Banjar, Relawan Kebersihan dan pelajar di Martapura membersihkan sampah pasca haul ke-14 Guru Sekumpul di Martapura. (banjarmasinpost.co.id/hasby suhaily)

Adapun kawasan yang sudah ditangani pada hari pertama masih di daerah ring satu yakni kubah dan kawasan Indrasari karena masih sulitnya akses masuk ke lokasi titik kumpul pada hari pertama. Direndanakan hari selanjutnya akan ditangani pada lokasi lainnya.

Baca: Pengusaha HST Ini Akan Dimintai Keterangan oleh KPK Terkait Tindak Pidana Pencucian Uang Abdul Latif

Alur penanganan sampah dari relawan mengambil sampah di lokasi-lokasi yang terdapat tumpukan sampah, kemudian diangkut dan dikumpulkan pada titik kumpul yang ditetapkan yait tanah kosong di Jalan Pendidikan, TPS belakang Pengadilan Negeri Martapura, TPS Kompas, TPS Sungaiparing, TPS Indrasari.

Kemudian dari titik-titik tersebut , sampah diangkut langsung ke TPA Regional Banjarbakula. Penangan sampah pasca haul diperkirakan akan dilaksanakan selama tujuh hari selesai.

Sekretaris Dinas LH Banjar, Normansyah menambahkan, pihaknya berterimakasih kepada relawan dan pelajar yang sudah berpartisipasi membersihkan sampah pasca haul. Dengan adanya bantuan relawan dan pelajar, kawasan Sekumpul lebih cepat diatasi dari sampah dan aktifitas masyarakat sehari-hari berangsur lancar. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved